Makanan Alami

Sehat dengan Anti-Inflammatory Diet

   

Tumbuh_Tumbuhan_kaya_Flavonoid_dan_Antioksidan-1 Sehat dengan Anti-Inflammatory Diet

 

Apa yang salah dengan diet manusia modern ?

Pernahkah memperhatikan sekeliling kita ?Gerai makanan , cemilan dan minuman siap saji di mana – mana untuk melayani kebutuhan masyarakat modern yang hidup serba tergesa – gesa, Berapa banyak  orang muda  yang terdeteksi penyakit degeneratif seperti jantung, diabetes, atau darah tinggi ? Atau orang muda yang rambutnya bernuansa putih karena uban ?Atau orang muda yang kulitnya kusam ?

Tubuh manusia adalah sebuah sistem kompleks yang terdiri dari berbagai organ yang saling mempengaruhi.  Jika kita cukup beristirahat, berolahraga teratur,dan mengkonsumsi makanan sehat dan alami, maka tubuh memilik imunitas yang baik. Hanya dengan imunitas yang baik, sel – sel yang rusak dapat kembali menjadi sel sehat,  termasuk sel – sel yang mempengaruhi penampilan dan kecantikan kita.

 

Apa yang disebut radang / inflamasi ?

Radang adalah proses yang terjadi ketika ada bahan asing menyerang sistem kekebalan. Bahan asing ini termasuk : mikroba, serbuk tanaman dan bahan kimia sintetis (pewarna, pengawet, pelembut dan pengembang makanan).

 

Apa efek radang kronis ?

Beberapa radang bertahan beberapa hari, beberapa bulan, atau bertahun – tahun dan menjadi radang kronis . Banyak penyakit degeneratif yang memiliki hubungan erat dengan radang kronis, di antaranya : kanker, penyakit jantung, diabetes, nyeri sendi (Osteoarthritis dan Rheumatoidarthritis), depresi , asma, Alzheimer.

 

Apa manfaat mennjalankan anti-inflammatory diet ?

Pola makan  sehat merupakan anti-inflammatory diet  yang akan menjauhkan kita dari berbagai penyakit degeneratif. Secara garis besar, pola makan ini  menerapkan konsumsi tumbuh – tumbuhan hijau (50%), protein (25%) dan karbohidrat kompeks dan lemak sehat (25%).  Daftar makanan anti-inflammatory diet dapat dilihat di bawah.

 

Apa makanan yang harus dihindari dalam Anti-Inflammatory Diet ?

Karbohidrat sederhana (biji-bijian terutama nasi putih dan segala makanan olahan dengan bahan dasar segala jenis tepung)

Contoh  roti tawar, kue, biskuit, dan segala macam gorengan  dengan  panas tinggi dan minyak jenuh. Tepung terigu yang mengandung gluten memilik efek lebih buruk dibandingkan tepung non-gluten.

Gula dan produk olahannya (baik gula alami maupun gula sintentis). Gula putih dapat diganti gula Jawa, gula aren, atau madu mentah .

Contoh : minuman kemasan siap saji seperti soda, teh dan kopi kemasan, minuman energi.

Daging (terutama dari hewan ternak dengan pakan biji – bijian ) dan produk olahannya .

Contoh sosis, nugget, susu, mentega, keju, yogurt.

Margarin (Trans Fat) dan semua makanan olahannya .

Contoh pastri, roti, gorengan.

 

Panduan Anti-Inflammatory Diet dapat dilihat di video  Andrew Weil M.D. di bawah ini

 

Tumbuh_Tumbuhan_kaya_Flavonoid_dan_Antioksidan-1 Sehat dengan Anti-Inflammatory Diet
Dalam Anti-Inflammatory_diet porsi terbesar adalah sayur hijau

Dan bagaimana makanan yang menunjang  Anti-Inflammatory Diet?

  1. Sayur hijau dengan pemrosesan minimal (rendah zat pati , kaya serat, antioksidan alami dan polifenol)
  2. Sayur berwarna cerah : merah, kuning, oranye dan ungu.
  3. Sayur kaya Sulfur.(kol, kembang kol, dan segala jenis bawang (bawang putih , bawang merah, bawang Bombay).
  4. Makanan Hasil Fermentasi (yogurt, kefir, keju mentah, natto, miso, tamari,  tempe, kimchi, sauerkraut, acar).
  5. Rempah – rempah (jahe,kunyit, lengkuas, sereh, bunga pekak, kayu manis).
  6. Makanan hasil tangkapan dari laut (bukan hasil peternakan), terutama Ikan laut  dan minyak ikan  dan berbagai jens rumput laut (termasuk nori, agar – agar, kombu, wakame)
  7. Lemak sehat : alpukat dan minyak tanaman yang sehat (minyak alpukat, minyak kelapa, minyak almond). Jauhi minyak kelapa sawit yang sudah diproses berlebihan.
  8. Protein dengan menitikberatkan pada protein nabati. Protein hewani sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah terbatas. Untuk daging merah dan produk turunannya,sebaiknya hanya mengkonsumsi  versi organiknya.
  9. Mengganti garam dapur (garam meja / garam putih) dengan garam laut yang alami dan kaya mineral.
  10. Cemilan  :
  • Buah yang tidak terlalu manis dan banyak mengandung air
  • Kacang – kacangan (ati – hati dengan kacang tanah, karena banyak orang alergi)
  • Coklat dengan tingkat kakao di atas 70%, dan tidak terlalu manis.
  • Teh tanpa pemanis (teh hitam, teh putih, teh hijau, teh Oolong, teh Rosella)
  • Makanan hasil fermentasi : Kombucha, kimchi, Sauerkraut, tape, tempe, miso dan tauco. Namun mengingat sebagian besar kedele saat ini adalah hasil rekayasa genetika (GMO), sebaiknya produk kedele dikonsumsi dalam jumlah terbatas. 

Tip

  1. Untuk memudahkan kamu menjalani anti-inflammatory diet, ingat saja untuk mengkonsumsi lima (5) warna sayur setiap harinya dengan sayur hijau dalam porsi terbesar dibandingkan warna lain.
  2. Jenis sayur sebaiknya dirotasi untuk menghindari kebosanan dan untuk memastikan asupan  gizi yang lengkap. Warna yang terkandung dalam tumbuh – tumbuhan mewakili flavonoid  yang kaya antioksidan. .Antioksidan mutlak diperlukan untuk meregerasi sel – sel tubuh yang rusak karena tereksploitasi polutan (zat kimia, udara yang kotor, air yang mengandung Florida). Sel – sel yang sehat mampu melindungi tubuh kita dari penyakit degeneratif.
  1. Buah sebaiknya dikonsumsi terbatas, dan  dikonsumsi bersama lemak sehat dan bubuk kayu manis untuk menghindari lonjakan kenaikan gula darah. Contoh : kombinasi pisang + bubuk kayu manis, pisang + selai kacang (tanpa gula), stroberi + coklat pahit.
  1. Cobalah untuk beralhir dari susu sapi ke susu kacang (kacang almond, hazelnut, kacang mete)
  2. Pilihlah sayur yang berwarna jelas, karena semakin jelas warnanya, semakin tinggi kandungan antioksidannya. Sayur kalian yang hijau tua memiliki flavonoid lebih banyak dibandingkan sayur selada (hijau muda).

 

Motivasi

Tahukah kamu baik Annette Larkins , maupun Sunny Griffin berusia lebih dari 70 tahun  di foto ini.? Sunny Griffin adalah supermodel Amerika yang mulai menjadi vegan sejak usia 13 tahun. Annette Larkins mulai mengkonsumsi sayur mentah sejak berusia  29 tahun. Keduanya menjalani hidup sehat dan bebas dari segala penyakit degeneratif yang umum diderita orang – orang segenerasi mereka.

Tumbuh_Tumbuhan_kaya_Flavonoid_dan_Antioksidan-1 Sehat dengan Anti-Inflammatory Diet
Annette Larkins Awet Muda dengan Sayur dan Buah Mentah

Tumbuh_Tumbuhan_kaya_Flavonoid_dan_Antioksidan-1 Sehat dengan Anti-Inflammatory Diet

Sunny Griffin hanya mengkonsumsi sayur dan buah sejak 13 tahun.

 

Berikut video Dr. Neil Barnard berjudul Foods for Protecting the Body & Mind

Jadi, tunggu apa lagi ?Ayo makan banyak sayur dan buah mulai sekarang. Bagikan pengalamanmu saat beralhir ke konsumsi tumbuh – tumbuhan.

 

“Biarkan makanan menjadi obat-mu”

-Hipokrates, Bapak Ilmu Kesehatan 

2 thoughts on “Sehat dengan Anti-Inflammatory Diet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *