Makanan Alami

Resep Minuman Fermentasi Tepache

Tepache adalah minuman probiotik asal Meksiko, minuman fermentasi dari nanas yang kaya akan bakteri baik.Baca  juga : 20 Manfaat Makanan Hasil Fermentasi.  Tepache dengan mudah bisa dibeli   di jalan-jalan di Meksiko, dan Tepache diminum oleh segala usia, dari anak – anak samprai lansia. Rasanya adalah perpaduan rasa buah nanas dan rempah,  ada rasa asam khas fermentasi dengan sedikit manis. Tepache merupakan minuman  bersoda sehat dan kaya gizi, sehingga menjadi pilihan bagi mereka yang ingin mengurangi konsumsi Coca Cola, Fanta, Sprite atau sejenisnya. Seperti halnya minuman fermentasi seperti kombucha, kefir, yogurt, ginger bug, turmeric bug, cuka apel, gula yang digunakan dalam fermentasi dimakan oleh ragi, menghasilkan buih / busa (gas karbondioksida) yang merupakan salah satu indikator terjadinya proses fermentasi. Gula yang biasa digunakan di Meksiko untuk minuman fermentasi  adalah muscovado (gula tebu mentah) atau Piloncillo (sejenis gula aren).

TE-Cara-membuat-Tepache-Minuman-Fermentasi-Nanas-3-285x300 Resep Minuman Fermentasi Tepache
Seorang ibu menjual Tepache, umum ditemui di jalan – jalan di Meksiko

Porsi : 1.5 liter Tepache

Bahan

  1. 1 buah matang masak segar (beserta kulit dan mahkota nanas)
  2. 50 g of jahe segar
  3. 5 butir cengkeh
  4. 1 batang kayu manis
  5. 100 g parutan gula aren (gula aren yang diserut dengan parutan keju)
  6. 1.5 liter air minum

Bahan Opsional :

  1. 1 butir bunga pekak
  2. Kulit jeruk
  3. 1 sdm  biji – bijian utuh (boleh memakai beras putih , beras merah, beras hitam, beras coklat organik)
  4. Air perasan dari 1 lemon lokal atau 2 jeruk nipis

 

Perlengkapan :

Toples kaca kedap udara (ukuran 2 liter)

 

Instruksi :

  1. Cuci kulit nanas, namun pertahankan kulit nanas, jangan dikuliti.
  2. Buang bagian mahkotanya dan bagian inti / dalam nanas yang keras.
  3. Potong dadu nanas (beberapa nanas akan memiliki kulit nanas), kulit nanas mengandung banyak bakteri baik yang mempercepat proses fermentasi Tepache. Lihat 2 Cara Memotong Nanas untuk Mempercepat Proses Fermentasi.
  4. Cuci jahe, namun tidak usah menguliti jahe.
  5. Iris jahe tipis – tipis.
  6. Ke dalam toples  tuang 1.5 liter air minum dan parutan gula aren.
  7. Lalu masukkan  irisan nanas, jahe, cengkeh, bunga pekak, beras putih organik dan perasan lemon lokal atau jemuk nipis.
  8. Tutup toples. Tempatkan dalam suhu ruang dan hindari toples dari sinar matahari langsung. Pastikan toples kedap udara, gunakan kain katun jika perlu, untuk memastikan toples kedap udara.
  9. Biarkan larutan terfermentasi selama 2 – 3 hari.  Setelah 2 hari, buka toples, dan jika sudah mencapai rasa yang diinginkan, saring tepache dari ampas nanas dan rempah. Tempatkan tepache dalam botol bersih, dan simpan dalam kulkas. Tepache dapat bertahan 2 minggu dalam kulkas.

TE-Cara-membuat-Tepache-Minuman-Fermentasi-Nanas-3-285x300 Resep Minuman Fermentasi Tepache

Tips

  1. Kulit buah banyak mengandung bakteri baik yang mempercepat proses fermentasi.
  2. Dalam setiap proses fermentasi, selalu sisakan ruang kosong (kira – kira 2cm dari lapisan teratas cairan). Ruang kosong ini untuk mengantisipas busa (gas karbondioksida yang dihasilkan dalam proses fermentasi) dan berguna untuk menghindari ledakan (jahe dan nanas adalah beberapa jenis buah yang sangat aktif , sehingga proses fermentasi yang melibatkan jahe dan nanas akan menghasilkan banyak gas karbondioksida).
  3. Proses fermentasi asam laktat adalah proses anaerobik. JIka perlu, gunakan kain katun sebelum penutup toples diletakkan, untuk memastikan toples kedap udara.
  4. Semakin lama proses fermentasi berlangsung, semakin tinggi kadar alkohol yang dihasilkan dan Tepache akan menjadi semakin asam. Jika menyukai Tepache yang beralkohol, fermentasi dapat diperpanjang dari 3 hari menjadi 7 hari, umunya setelah 1 minggu Tepache mulai berubah menjadi cuka nanas (sangat asam).
  5. Untuk  membuat minuman fermentasi Tepache yang agak pedas, dapat ditambahkan sedikit  cabe rawit merah yang diiris tipis – tipis. Pilihan bumbu sepenuhnya tergantung imajinasi dan seleramu, kulit jeruk sangat aromatis dan bisa digunakan untuk memperkaya rasa dan aroma Tepache.TE-Cara-membuat-Tepache-Minuman-Fermentasi-Nanas-3-285x300 Resep Minuman Fermentasi Tepache
  6. Ada 2 cara untuk memotong nanas untuk mempercepat proses fermentasi
  • Cara 1 : Memotong dadu nanas beserta kulitnya
TE-Cara-membuat-Tepache-Minuman-Fermentasi-Nanas-3-285x300 Resep Minuman Fermentasi Tepache
Memotong dadu nanas beserta kulitnya
  • Cara 2 :Memisahkan kulit dan daging nanas. Namun kulit nanas tetap digunakan untuk fermentasi.
TE-Cara-membuat-Tepache-Minuman-Fermentasi-Nanas-3-285x300 Resep Minuman Fermentasi Tepache
Memisahkan kulit dan daging nanas. Namun kulit nanas tetap digunakan untuk fermentasi

 

TE-Cara-membuat-Tepache-Minuman-Fermentasi-Nanas-3-285x300 Resep Minuman Fermentasi Tepache
Bagian kulit buah – buahan mengandung banyak bakteri baik . untuk mempercepat fermentasi. Satu-satunya bagian yang dibuang adalah mahkota nanas

Bagaimana cara kamu membuat minuman fermentasi Tepache ?Dan apa rempah favoritmu ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *