Makanan Alami

Resep Minuman Tonik Kesehatan dari Fermentasi Jahe

Apakah bir jahe dan apa khasiatnya untuk kesehatan

Bir jahe adalah hasil fermentasi asam laktat jahe. Biang fermentasi biasa disebut dengan….bug, yang biasa dipakai untuk minuman bersoda sehat adalah  ginger bug , namun  biang ini dapat juga dibuat dari kunyit (turmeric bug). Ginger Bug  kaya mikroorganisme baik (bakteri baik), sama seperti bakteri baik yang ada di yogurt, kefir , kimchi dan sauerkraut.  (Lihat : 20 Manfaat Makanan Hasil Fermentasi).

Bakteri baik ini memakan gula yang dilarutkan dalam larutan ginger bug. Sehingga menghasilkan gas karbondioksida yang terlihat sebagai gelembung – gelembung udara. Ginger bug yang sudah jadi (terfermentasi) dapat dicampurkan dengan berbagai jenis minuman seperti the, jus buah segar atau lainnya. Saat ginger bug dicmpur dengan teh atau minuman manis lainnya, bakteri baik yang ada dalam larutan ginger bug akan memakan gula dalam minuman manis tersebut, dan akan menjadi larutan aktif, yang terlihat dari keluarnya gelembung – gelembung udara (gas karbondioksida / CO2). Hasilnya adalah minuman bersoda sehat yang kaya akan bakteri baik yang sangat penting untuk menjaga kesehatan usus dan sistem kekebalan tubuh.

Bahan yang diperlukan untuk membuat  Ginger Bug  dan Bir Jahe

Sebelum membuat bir jahe, kita harus membuat Ginger bug (sebagai biang fermentasi) terlebih dahulu.  Membuat ginger bug sangat mudah, bahan yang diperlukan hanya :

  • Jahe segar (atau bubuk jahe +kulit apel organic)
  • Pemanis (gula aren, atau gula pasir / gula putih). Gula ?Jangan khawatir, gula ini memberi makan bakteri – bakteri baik dalam larutan ginger bug.
  • Air
  • Rempah – rempah yang disukai (kayu manis, jintan, bunga pekak, daun mint, kayu secang), atau bunga (melati, mawar, lavender)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *