Makanan Alami

Resep Fermentasi Telur dengan Bit Ungu

Kamu punya banyak telur ayam  atau telur bebek ? Mengenai variasi makanan dari telur, hanya langit yang menjadi pembatas kreativitasmu. Kali ini kita akan membuat telur ungu yang merupakan fermentasi telur dan bit ungu.  Telur ungu hasil fermentasi telur dan bit ungu ini merupakan makanan khas penduduk keturunan Belanda di  negara bagian Pennsylvania (Amerika Serikat).  Ada berbagai resep untuk membuat fermentasi telur ungu , sebagian orang Belanda totok di Pennsylvania menambahkan bumbu cengkeh dan kayu manis. Sebagian lagi hanya menggunakan cuka, garam laut / garam mineral (misalnya garam Himalaya, garam Celtic, atau garam Hawai), dan pemanis alami (gula pasir).

Telur ungu hasil fermentasi telur dan bit ungu memiliki rasa manis dan asam. Bagian putih dari telur akan menjadi keunguan dalam 24 jam, setelah 48 jam, bagian putih telur akan menjadi ungu seluruhnya. Telur ungu ini tidak hanya elok rupanya, melainkan sangat lezat dan bergizi. Selain itu, bit ungu yang difermentasi dengan telur dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan hati. Bit ungu terutama sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita anemia dan fatigue (termasuk chronic fatigue dan adrenal fatique). Selain itu fermentasi bit dapat memudarkan bau langu, bau khas bit yang menjadi hambatan bagi beberapa orang untuk mengkonsumsi bit ungu.

Telur ungu dapat  dikonsumsi begitu saja  sebagai cemilan sehat atau lauk makan nasi, atau sebagai deviled egg yang cantik.

Resep #1 : Telur Ungu Hasil Fermentasi Telur dan Bit Ungu dalam Larutan Whey

 

Resep-Fermentasi-Telur-Ungu-dari-Bit-PrettyHealthyMe-1 Resep Fermentasi Telur dengan Bit Ungu
Untuk memastikan berlangsungnya proses fermentasi, pastikan seluruh telur teredam dalam larutan

Bahan :

  1. 15 telur utuh (putih dan kuning)
  2. ¼ cangkir whey, atau jus kimchi atau jus Sauerkraut, atau 1 sdt culture starter
  3. 1 sdm garam mineral (Baca di sini : Sehat dengan Garam Pink Himalaya)
  4. 1 cangkir air minum

Peralatan :

  1. Magic Com atau dandang untuk merebus / mengkukus telur
  2. Toples kaca ukuran 1 liter dengan penutup kedap udara.

Instruksi :

  1. Rebus atau kukus seluruh telur, sampai matang.
  2. Dinginkan telur, sampai bisa dikupas. Untuk mempercepat pendinginan telur, tempatkan telur dalam air yang diberi es batu.
  3. Larutkan  ¼ cangkir whey   dan 1 cangkir air, pastikan whey larut merata dalam air.
  4. Kupas telur, dan masukkan ke dalam toples.
  5. Tuangkan larutan whey sampai  ke dalam toples sampai seluruh telur terendam. Tambahkan air matang jika perlu.
  6. Tutup toples, tempatkan toples pada suhu ruang, hindari dari sinar matahari langsung dan biarkan telur dan bit ungu terfermentasi selama 3 hari.

 

Resep #2 : Telur Ungu Hasil Fermentasi Telur dan Bit Ungu dalam Larutan Cuka, Gula dan Garam HImalaya

Resep-Fermentasi-Telur-Ungu-dari-Bit-PrettyHealthyMe-1 Resep Fermentasi Telur dengan Bit Ungu
Untuk memastikan berlangsungnya proses fermentasi, toples dapat diletakkan terbalik sehingga seluruh telur teredam dalam larutan

Bahan :

  1. 12 telur utuh (putih dan kuning)
  2. ¼ cangkir whey, atau jus kimchi atau jus Sauerkraut, atau 1 sdt culture starter
  3. 1 sdm garam mineral (Baca di sini : Sehat dengan Garam Pink Himalaya)
  4. 1 cangkir cuka beras (Dapat diganti sesuai selera dengan cuka apel organik, balsamic vinegar, cuka hitam, cuka merah dan lain -lain)

Peralatan :

  1. Magic Com atau dandang untuk merebus / mengkukus telur
  2. Toples kaca ukuran 1/2  liter dengan penutup kedap udara.

Instruksi :

  1. Rebus atau kukus seluruh telur, sampai matang.
  2. Dinginkan telur, sampai bisa dikupas. Untuk mempercepat pendinginan telur, tempatkan telur dalam air yang diberi es batu.
  3. Larutkan air, cuka, garam Himalaya dan gula pasir di dalam panci kecil. Panaskan larutan tersebut sampai mendidih, lalu kecilkan api dan masukkan irisan bit ungu. Gunakan api kecil untuk memastikan gula pasir dan garam Himalaya larut merata. Matikan api setelah gula dan garam larut, jangan memasak bit telalu lama, karena dapat mematikan bakteri baik dalam bit.
  4. Kupas telur, dan masukkan ke dalam toples.
  5. Tuang larutan hangat tersebut ke dalam toples,  tambahkan air matang jika perlu.
  6. Tutup toples dalam keadaan larutan suam – suam kuku, tempatkan toples pada suhu ruang, hindari dari sinar matahari langsung dan biarkan telur dan bit ungu terfermentasi selama 3 hari.

Untuk kedua resep berlaku catatan sebagai berikut :

Bahan opsional : berbagai bumbu sesuai selera (bawang putih, bawang Bombay, cabe rawit, cabe keriting, paprika, biji lada, rumput laut kering , jus Kimchi, miso , cengkeh , kayu manis , pala dan lain sebagainya)

Tips  

  1. Pastikan telur matang dalam keadaan mulus, kupas telur dengan hati – hati untuk untuk menghindari ada bagian telur yang bopeng, karena akan membuat rupa telur ungu menjadi mengerikan.
  2. Telur akan lebih mudah dikupas, jika dimasak dengan cara dikukus, dibandingkan dengan direbus.
  1. Selalu uji bau telur sebelum telur dan bit ungu hasil fermentasi dikonsumsi (terutama setelah toples pernah dibuka)  untuk memastikan keamanannya.  Umumnya, telur dan bit ungu terfermentasi dalam waktu 3 hari. Setelah terfermentasi,  tempatkan toples tersebut dalam kulkas. Telur dan bit ungu hasil fermentasi ini dapat bertahan 2 minggu setelah tutup dibuka tutup, namun pastikan telur dan bit ungu hasil fermentasi layak dikonsumsi dengan menguji bau telur ungu.

Selamat mencoba. Apa bumbu favoritmu untuk membuat telur ungu ?Dan bagaimana cara kamu menikmati telur ungu ?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *