Makanan Alami

Pola Hidup Sehat untuk Pengidap Asma

Memahami penyakit asma

Sebagian besar obat farmasi untuk asma memiliki efek samping seperti perubahan mood (mood swing), jerawat, pertumbuhan jamur dan kenaikan berat badan. Menjalankan gaya hidup sehat dan pola makan sehat adalah bagian pengobatan alami yang terbukti mampu mengurangi frekuensi dan meredakan serangan asma.

Asma termasuk kategori penyakit PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronis) dan memiliki hubungan erat dengan alergi, baik alergi sementara  / lingkungan ataupun alergi makanan. Serangan asma sering kali terjadi tiba – tiba sebagai reaksi terhadap gangguan pada sistem kekebalan tubuh dan saluran pernafasan

Makan-Sehat-mangkuksayur-300x225 Pola Hidup Sehat untuk Pengidap Asma
Diet kaya antioksidan meningkatkan sistem kekebalan tubuh penderita asma

Pola makan sehat untuk penderita asma pada dasarnya adalah anti-inflammatory diet.

Penderita asma disarankan untuk menjauhi semua makanan yang mengandung susu hewan, trans fat, gluten, karbohidrat sederhana (berbagai jenis tepung).

Mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan menjadi bagian pola makan sehat untuk penderita asma, karena antioksidan membantu tubuh melawan racun , mengontrol respon radang, dan mengurangi penyebab kambuhnya asma karena alergi makanan.

 

Makanan di bawah ini  sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengobati asma :

Sayuran berwarna cerah yang kaya karotenoid. Karotenoid adalah dasar dari vitamin A, yang sangat berperan dalam menjaga kesehatan membran mucus  (mucous membrane)  di saluran pernafasan.  Penderita asma disarankan untuk mengkonsumsi umbi – umbian seperti ubi, wortel, dan juga tomat, serta sayur hijau.

Makanan kaya folat (vitamin B9). Folat mengurangi reaksi alergi dan radang. Termasuk dalam kategori makanan kaya folat adalah : alpukat, sayuran hijau, dan kacang – kacangan.

Makanan kaya vitamin C dan E.

Keduanya adalah antioksidan kuat yang membantu pengeluaran racun dari tuuh.

Vitamin C banyak ditemukan dalam sayuran hijau, buah – buahan citrus jeruk, sayuran cruciferous (brokoli, kembang kol, kol , kecambah brokoli (broccoli sprouts), Brussels sprouts ) dan berbagai macam beri.

Vitamin E banyak terkandung di dalam kacang – kacangan, biji – bijian dan minyak tumbuhan yang sehat.

Rutin mengkonsumsi kaldu tulang (kaldu tulang kaya akan kolagen, gelatin, mineral, dan protein yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh).

Makanan kaya magnesium. Magnesium terbukti dapat melenturkan otot  – otot yang tegang, termasuk otot pernafasan , mengurangi kecemasan dan stress.  Sumber magnesium adalah : sayuran hijau, kacang – kacangan, biji – bijian , coklat .

Makanan kaya Zinc.   Zinc dibutuhkan untuk  kesehatan kelenjar adrenalin dan membantu tubuh mengatasi stress. Stress adalah salah penyebab memburuknya gejala – gejala dan serangan asma.

Sumber Zinc adalah : Biji labu, coklat, bawang putih, wijen, biji semangka, dan kacang Arab (garbanzo / chickpeas).

Makanan kaya selenium. Selenium meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat nengurangi gejala – gejala asma.

Sumber selenium adalah : Brazil nut (kacang Brazil), ikan laut segar , kuaci (biji matahari), tiram, telur, bayam, brokoli, bawang, dan ubi. Baca selengkapnya mengenai manfaat selenium bagi kesehatan tubuh di sini.

Segala jenis bawang (bawang putih, bawang Bombay, dan mustard seeds). Bawang adalah antimicrobial alami yang membantu melawat infeksi karena bakteri dan memperbaiki system kekebalan tubuh . Selain itu, antioksidan dalam bawang (quercetin)  mampu mencegah radang.

Makanan yang kaya Omega 3. Termasuk di dalamnya adalah ikan segar dari  perairan laut dalam yang berlemak tinggi seperti ikan lemuru, tuna, tenggiri, tongkol, kembung, salmon , mackerel (segar),  sarden (segar) dan herring (segar).   Omega 3 mampu mengurangi radang saluran pernafasan.

Makanan kaya vitamin B, terutama vitamin B3, B5 dan B12. Banyak penderita asma menderita kekurangan vitamin B5 (pantothenic acid) yang disebabkan oleh theophylline yang terdapat dalam obat asma.

Sumber vitamin B3  adalah : dada ayam, kacang tanah, jamur, hati ayam, tuna, kacang polong, daging sapir organik, biji bunga matahari, dan alpukat.

Sumber vitamin B5 adalah :  hati ayam, biji bunga matahari, salmon, alpukat, brokoli, dan jamur.

Sumber vitamin B12 adalah :  hati dan daging sapi organik, sarden segar, tuna, keju, daging domba, telur dan salmon.

Daun kelor digunakan dalam pengobatan Ayurveda untuk mengobati asma. Selain itu, beberapa penelitian ilmiah menguatkan hal ini. Baca di sini untuk mengetahui mengobati asma dengan daun kelor.

Pola Hidup Sehat untuk Penderita Asma

  1. Menjauhi stress dan relaksasi adalah bagian tak terpisahkan dari pola hidup sehat bagi penderita asma.
  2. Beberapa aktivitas berikut dapat membantu penderita asma relaks.
  3. Teknik pernafasan dalam (Pernafasan abdominal, seperti yang dipraktekkan dalam teknik menyanyi Belcanto)
  4. Yoga (Pranayama Yoga), flowing yoga atau yoga jenis lainnya.
  5. Menjalankan hobi tertama yang berhubungan dengan seni, sehingga seni menjadi terapi    (Art Therapy)
  6. Menata ruangan (aromaterapi, mengubah warna lampu, atau dekorasi bunga atau buah segar)
  7. Pijat

 

Minyak Atsiri (essential oil) untuk Meredakan Asma

Mengingat serangan asma biasanya disertai disertai flu dan batuk, maka semua minyak atsiri yang biasa digunakan untuk mengobati alergi dapat membantu.

Cobalah aromaterapi dengan minyak atsiri berikut :

  • Minyak kayu putih (Eucalyptus oil)  : untuk membuka jalur pernafasan yang tersumbat.
  • Minyak Peppermint dan Minyak Lavender : untuk relaksasi, mengurangi kecemasan dan menekan mood swing.
  • Minyak Kemenyan (Frankincense oil) : mengurangi radang dan pembengkakan kelenjar limfa.

Tips

  1. Kandungan Omega 3 dalam Ikan laut  mudah rusak karena panas. Mengkukus (tim) adalah teknik memasak terbaik untuk menjaga gizi dan Omega 3 dalam ikan. Ikan dan juga  bahan makanan lainnya) sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan segar, bukan kalengan (kemasan).
  2. Walaupun jagung kaya akan vitamin B5, sebaiknya jagung hanya dikonsumsi terbatas. Seb,agian besar jagung adalah hasil rekayasa genetika dan memiliki kadar gula tinggi.
  3. Pilihlah coklat dengan kandungan kakao di atas 70% dan kadar gula rendah.  Kakao mentah lebih kaya gizi dibandingkan cocoa yan sudah melewati proses pemanasan.
  4. Saat menderita hidung tersumbat (gejala awal flu dan asma) , campurkan 50ml air matang hangat dengan 1 sendok the makan garam mineral.  Simpan larutan tersebut dalam suhu ruang. Dengan menggunakan pipet, teteskan larutan garam ke dalam hidung sebelum tidur untuk mencairkan ingus.
    Cara ini juga dapat diterapkan pada bayi, dan lebih higienis dibandingkan cara tradisional dimana ibu menyedot ingus dari hidung sang bayi.
Makan-Sehat-mangkuksayur-300x225 Pola Hidup Sehat untuk Pengidap Asma
Larutan garam untuk mencairkan ingus dan mencegah hidung tersumbat.

Sejak berabad – abad tahun lalu, garam telah digunakan untuk mengobati penyakit pernafasan kronis.  Terapi menghirup udara dalam gua garam ini disebut dengan Halotherapy. Sayangnya saat ini halotherapy baru teersedia  di Bali.

 

Banyak obat asma yang mengakibatkan ketergantungan.  Pengobatan alami asma dengan menjalankan pola hidup sehat dan pola makan sehat secara konsisten dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga akan mengurangi frekuensi dan keparahan serangan asma.   Walaupun penyakit asma bersifat kronis, namun kamu bisa mengurangi frekuensi dan  kadar kambuhnya dengan hidup sehat.
Ayo,makan sehat dan hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *