Pengobatan Almi

Pengobatan Alami untuk Osteoarthritis

Apa yang disebut osteorthritis ?

Osteoarthritis ditandai dengan kesulitan menggerakkan tulang dan sendi (karena kaku dan nyeri).

Pengobatan alami osteoarthritis melibatkan pola makan sehat (Baca : Sehat dengan anti-inflammatory diet), bergerak aktif, menjalani chiropractic atau terapi pemijatan, atau menggunakan bahan – bahan alami untuk dipakai di kulit bagian sendi untuk mengurangi rasa nyeri.  Minyak zaitun, dan beberapa minyak atsiri (essential oil) dapat mengurangi rasa nyeri.

Ada 2 jenis artritis :   osteoarthritis  dan autoimmune Arthritis. Osteoarthritis (lengkapnya Degenerative Osteoarthritis) adalah penyakit karena proses penuaan di dalam tubuh. Usangnya cartilage (tulang rawan yang berfungsi sebagai bantalan antara tulang dan sendi) mengakibatkan terjadinya gesekan antar tulang yang menimbulkan rasa nyeri. Tulang rawan terbuat dari kolagen dan beberapa zat lain yang membuat lapisan ini fleksibel namun kuat. Tulang rawan menutupi ujung – ujung dari tulang saat tulang bertemu di persendian. Kemunduran yang terus menerus dapat mempengaruhi bentuk dan fungsi persendian, sehingga nyeri sendi makin menjadi dan sulit melakukan aktivitas sehari – hari.

 Beberapa Gejala Osteoarthritis

  1. Nyeri sendi: Intensitas rasa nyeri berbeda antar penderita, tergantung gaya hidup dan lokasi sendi yng mengalami peradangan,
  2. Tanda – tanda radang dan pembengkakan. Tanda pembengkakan di antaranya sendi menjadi kemerahan, hangat dan melembek.
  3. Persendian yang kaku dialami hampir semua penderita arthritis, dan menjadi semakin kaku jika penderita terlalu lama berada dalam satu posisi (berdiri, berbaring atau duduk).
  4. Penurunan jangkauan gerak dan kehilangan fleksibilitas.

Walaupun gejala arthritis berbeda antar penderita, ada  2 gejala umum dalam arthritis yaitu : kekakuan dan rasa nyeri.  Menurut The Arthritis Foundation, jika kekakuan  yang terjadi di pagi hari berlangsung lebh dari 1 jam, ini dapat menjadi tanda arthritis.

Beberapa persendian umumnya lebih sering diserang dalam arthritis di antaranya :

  • Punggung bagian bawah
  • Pinggul
  • Lutut
  • Kaki
  • Leher
  • Jari – jari
  • Dasar jempol

Cari foto hips knees feet neck fingers thumb base arthritis. 

Apa penyebab Osteoarthritis?

Sampai saat ini para ahli berpendapat osteoarthritis timbul karena banyak faktor, di antaranya adalah :

  1. Kemungkinan genetik. Osteoarthritis adalah penyakit menurun, beberapa orang lahir dengan gen – gen tertentu yang mengakibatkan bentuk tulang dan sendi yang tidak normal, sehingga menyebabkan tulang rawan yang tidak merata.
  2. Berat badan. Setiap kg berat badan menjadi beban persendian. Pinggul dan lutut adalah penyangga utama tubuh, sehingga keduanya sangat terpengaruh oleh penambahan tegangan .
  3. Cedera:Trauma atau  cedera sendi memicu proses hilangnya atau memburuknya tulang rawan.
  4. Terlalu sering digunakan:Gerakan – gerakan yang berulang – ulang yang dilakukan selama bertahun – tahun (misalnya overtraining yang biasa dialami olahragawan) dapat menyebabkan nyeri sendi.
  5. Infeksi: Beberapa organisme yang menyebabkan infeksi pada sendi di antaranya : salmonella dan shigella (kontaminasi makanan), chlamydia and gonorrhea (penyakit seksual menular), dan hepatitis C.
  6. Rheumatoid arthritis (RA):RA adalah sebuah penyakit autoimmune , di mana sistem kekebalan tubuh menyerang diri sendiri (dalam hal ini sendi yang sehat). Ini bisa terjadi karena reaksi terhadap masalah terkait usus (gejala ‘leaky gut’ atau alergi makanan) dan faktor – faktor lain seperti tingkat stress dan tingkat racun yang tinggi.
  7. Kondisi kesehatan lainnya :Mengidap penyakit diabetes atau gangguan kekebalan tubuh dapat meningkatkan resiko

Gout dan masalah metabolic seperti penimbunan asam urat dapat mengakibatan arthritis  karena mereka mengakibatkan pembentukan partikel semacam kristal di dalam sendi.

Rheumatoid arthritis dan psoriatic arthritis adalah contoh inflammatory arthritis yang juga dikenal sebagai autoimmune arthritis. Autoimmune  (nflammatory) arthritis terjadi ketika sistem kekebalan tubuh   mengalami peradangan untuk menghindari ancaman  yang salah dikenali. Arthritis jenis ini harus  diobati dengan segera, untuk mencegah melebarnya kerusakan jaringan .  Inflammatory arthritis ini dipercaya berkaitan erat dengan kesehatan usus, sehingga diet sehat (anti-inflammatory diet) menjadi kunci penyembuhan inflammatory arthritis.

Pengobatan Alami osteoarthritis melihatkan beberapa hal berikut :

  1. Memperbaiki Diet. Makanan yang membantu mengobati arthritis di antaranya :
    1. Makanan yang kaya asam amino Omega 3. Omega 3 sangat ampuh untuk menurunkan radang. Sumber utama Omega 3 : berbagai ikan liar / ikan perairan laut dalam (salmon, tengiri, kembung), daging sapi (pakan rumput), bubuk flax (flax meal), chia seeds dan walnut.
    2. Makanan yang kaya akan Sulfur.  Sulfur mengandung sejenis methylsulfonylmethane (MSM) yang mengurangi radang sendi dan membantu membangun kembali jaringan – jaringan sendi. Keefektifan MSM dalam mengurangi nyeri telah terbukti dalam berbagai studi. Sumber utama Sulfur : berbagai bawang (termasuk bawang putih, bawang Dayak), asparagus (rebung) dan kol.  Sauerkraut adalah kol hasil fermentasi asam laktat yang lezat, sehat dan mudah dibuat. Selain mengawetkan makanan, makanan hasil fermentasi memiliki kaya akan gizi dan membantu kita mencapai kesehatan optimal.
    3. Kaldu tulang. Kaldu tulang adalah sumber terbaik untuk mendapatkan asupan gelatn, yang kaya akan asam amino broline dan glycine. Kedua asam amino ini membantu membangun kembali jaringan  – jaringan penghubung  termasuk jaringan di dalam sendi.  Kaldu tulang melembutkan chondroitin sulphates dan glukosamin yang membantu meredakan radang (termasuk  radang karena nyeri sendi/arthritis.  Mari simak  video Dr. Eric Berg – Can Chicken Soup Cure Arthri
      1. Makanan tinggi antioksidan (terutama sayuran dan buah segar), keduanya kaariya antioksidan, vitamin C, vitamin A, serat, magnesium, potassium, enzim pencernaan dan senyawa – senyawa anti radang (anti-inflammatory). Serat dalam sayur dan buah – buahan sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan, menurunkan resiko berbagai penyakit dan membantu kita kenyang. Sumber terbaik untuk mengobati arthritis di antaranya : sayuran hijau, cruciferous , berbagai buah beri, melon, papaya, alpukat dan nanas.
      2. Mengkonsumsi enzim Proteolytic, enzim yang membantu pendernaan dengan menyediakan enzim – enzim penting yang diproduksi oleh sistem pencernaan yang sehat untuk memetabolisme makanan.  Beberapa di antara enzim tersebut  adalah trypsin dan chymotrypsin yang diproduksi oleh kelenjar pancreas, papain dan bromelain.  Papain juga dapat ditemukan dalam papaya , sementara bromelain juga terdapat dalam nanas. Enzim proteolytic memiliki efek anti radang karena membantu memperbaiki kesehatan usus dan meningkatkan kekebalan tubuh.  Beberapa studi jmenunjukkan bahwa keempat enzim tersebut dapat mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan karena rheumatoid arthritis, meningkatkan mobilitas penderita osteoarthritis dan melawan infeksi.
      3. Mengkonsumsi rempah – rempah terutama jahe dan kunyit. Jahe adalah  analgesik  alam dan memiliki sifat anti radang. Jahe terbukti mampu mengurangi rasa nyeri terkait arthritis dan juga memperbaiki sistem pencernaan tubuh terutama usus. Kunyit mengandung lebih dari 100 komponen aktif , Curcumin yang dikenal sebagai anti-radang yang sangat kuat adalah zat teraktif di antara lebih dari 100 komponen yang terkandung dalam kunyit.
      4. Minyak kemenyan (Frankincense / Boswellia serrata) dapat dipijat di kulit bagian sendi yang mengalami peradangan.  MInyak kemenyan membantu mengurangi nyeri sendi melalu beberapa mekanisme di antaranya : memperkuat kekebatan tubuh, membantu meregulasi limfosit (sel – sel darah putih).  Urut  perlahan bagian sendi yang radang dengan campuran minyak kemenyan dan  minyak kelapa  atau minyak zaitun. Beberapa minyak atsiri lain yang juga mengurangi rasa nyeri adalah minyak mur, kunyit, jahe, jeruk, peppermint dan lavender.
bone_broth_0_tulang_dipanggang Pengobatan Alami untuk Osteoarthritis
Kaldu tulang adalah sumber terbaik untuk mendapatkan asupan gelatin
  1. Memiliki berat tubuh yang sehat.  Berat badan berlebih memperberat tugas sendi untuk mendukung aktivitas sehar – hari. Selain itu lapisan lemak adalah lapisan aktif yang memproduksi dan melepaskan hormone dan zat – zat kimia. Beberapa zat – zat kimia ini dapa tmengakibatkan radang,s ehingga memperburuk arthritis. Kenaikan lemak dapat mempercepat kerusakan sendi.
  2. Tetap aktif bergerak dan berolah raga. Sering kali penderita arthritis menjadi kurang aktif bergerak karena nyeri saat menggerakkan bagian – bagian tubuh atau saat berolah raga. Namun aktivitas fisik sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan persendian.

Mengapa olah raga menjadi bagian penting dalam pengobatan alami osteoarthritis ?

  • Olah raga memiliki berbagai manfaat di antaranya :
  • Olah raga  memperkuat otot – otot di sekitar sendi yang terinfeksi, sehingga otot mampu berfungsi sebagaimana mestinya.
  • Olah raga mengurangi radang dan meregulasi hormon.

Dalam seminggu, penderita arthritis disarankan untuk melakukan 150 menit olah raga dengan intensitas sedang, atau 75 menit olah raga dengan intensitas agak tinggi.  Hindari olah raga berat.

Latihan – latihan yang cocok bagi penderita arthritis di antaranya :

  1. Aktivitas peregangan (stretching) (setiap hari)
  2. Jalan Cepat (Brisk walking) juga baik untuk kesehatan kardiovaskuler dan memperbaiki imunitas tubuh
  3. Olah raga aerobik untuk membangun kekuatan dan ketahanan tubuh. Penderita arthritis dapat melakukan beragai olah raga di air, seperti aerobik atau bahkan jogging, atau berenang.
  4. Latihan beban (dengan alat bantu beban ringan, kabel atau gunakan berat badan sendiri)

Walaupun genetik adalah salah satu faktor pemicu osteoarthritis, namun  seseorang yang lahir dalam keluarga dengan riwayat  osteoarthritis dapat menghindari penyakit ini dengan gaya hidup yang sehat. Penderita osteoarthritis pun bisa sembuh dengan melakukan kombinasi perawatan dan menjalani pola hidup sehat.

Sumber :

Effective All-Natural Treatments for Arthritis – Dr. Axe

Osteoarthritis Treatment – Dr. Weil

Osteoartritis – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Osteoarthritis (lengkapnya Degenerative Osteoarthritis) adalah penyakit karena proses penuaan di dalam tubuh. Usangnya cartilage (tulang rawan yang berfungsi sebagai bantalan antara tulang dan sendi) mengakibatkan terjadinya gesekan antar tulang yang menimbulkan rasa nyeri. Tulang rawan terbuat dari kolagen dan beberapa zat lain yang membuat lapisan ini fleksibel namun kuat. Tulang rawan menutupi ujung – ujung dari tulang saat tulang bertemu di persendian. Kemunduran yang terus menerus dapat mempengaruhi bentuk dan fungsi persendian, sehingga nyeri sendi makin menjadi dan sulit melakukan aktivitas sehari – hari.

Pengobatan alami osteoarthritis melibatkan pola makan sehat (Baca : Sehat dengan anti-inflammatory diet), bergerak aktif, menjalani chiropractic atau terapi pemijatan, atau menggunakan bahan – bahan alami untuk dipakai di kulit bagian sendi untuk mengurangi rasa nyeri.  Minyak zaitun, dan beberapa minyak atsiri (essential oil) dapat mengurangi rasa nyeri.

Beberapa Gejala Osteoarthritis

  1. Nyeri sendi: Intensitas rasa nyeri berbeda antar penderita, tergantung gaya hidup dan lokasi sendi yng mengalami peradangan,
  2. Tanda – tanda radang dan pembengkakan. Tanda pembengkakan di antaranya sendi menjadi kemerahan, hangat dan melembek.
  3. Persendian yang kaku dialami hampir semua penderita arthritis, dan menjadi semakin kaku jika penderita terlalu lama berada dalam satu posisi (berdiri, berbaring atau duduk).
  4. Penurunan jangkauan gerak dan kehilangan fleksibilitas.

Walaupun gejala arthritis berbeda antar penderita, ada  2 gejala umum dalam arthritis yaitu : kekakuan dan rasa nyeri.  Menurut The Arthritis Foundation, jika kekakuan  yang terjadi di pagi hari berlangsung lebh dari 1 jam, ini dapat menjadi tanda arthritis.

Beberapa persendian umumnya lebih sering diserang dalam arthritis di antaranya :

  • Punggung bagian bawah
  • Pinggul
  • Lutut
  • Kaki
  • Leher
  • Jari – jari
  • Dasar jempol

Cari foto hips knees feet neck fingers thumb base arthritis. 

Apa penyebab Osteoarthritis?

Sampai saat ini para ahli berpendapat osteoarthritis timbul karena banyak faktor, di antaranya adalah :

  1. Kemungkinan genetik. Osteoarthritis adalah penyakit menurun, beberapa orang lahir dengan gen – gen tertentu yang mengakibatkan bentuk tulang dan sendi yang tidak normal, sehingga menyebabkan tulang rawan yang tidak merata.
  2. Berat badan. Setiap kg berat badan menjadi beban persendian. Pinggul dan lutut adalah penyangga utama tubuh, sehingga keduanya sangat terpengaruh oleh penambahan tegangan .
  3. Cedera:Trauma atau  cedera sendi memicu proses hilangnya atau memburuknya tulang rawan.
  4. Terlalu sering digunakan:Gerakan – gerakan yang berulang – ulang yang dilakukan selama bertahun – tahun (misalnya overtraining yang biasa dialami olahragawan) dapat menyebabkan nyeri sendi.
  5. Infeksi: Beberapa organisme yang menyebabkan infeksi pada sendi di antaranya : salmonella dan shigella (kontaminasi makanan), chlamydia and gonorrhea (penyakit seksual menular), dan hepatitis C.
  6. Rheumatoid arthritis (RA):RA adalah sebuah penyakit autoimmune , di mana sistem kekebalan tubuh menyerang diri sendiri (dalam hal ini sendi yang sehat). Ini bisa terjadi karena reaksi terhadap masalah terkait usus (gejala ‘leaky gut’ atau alergi makanan) dan faktor – faktor lain seperti tingkat stress dan tingkat racun yang tinggi.
  7. Kondisi kesehatan lainnya :Mengidap penyakit diabetes atau gangguan kekebalan tubuh dapat meningkatkan resiko

Gout dan masalah metabolic seperti penimbunan asam urat dapat mengakibatan arthritis  karena mereka mengakibatkan pembentukan partikel semacam kristal di dalam sendi.

Rheumatoid arthritis dan psoriatic arthritis adalah contoh inflammatory arthritis yang juga dikenal sebagai autoimmune arthritis. Autoimmune  (nflammatory) arthritis terjadi ketika sistem kekebalan tubuh   mengalami peradangan untuk menghindari ancaman  yang salah dikenali. Arthritis jenis ini harus  diobati dengan segera, untuk mencegah melebarnya kerusakan jaringan .  Inflammatory arthritis ini dipercaya berkaitan erat dengan kesehatan usus, sehingga diet sehat (anti-inflammatory diet) menjadi kunci penyembuhan inflammatory arthritis.

Pengobatan Alami osteoarthritis melihatkan beberapa hal berikut :

  1. Memperbaiki Diet. Makanan yang membantu mengobati arthritis di antaranya :
    1. Makanan yang kaya asam amino Omega 3. Omega 3 sangat ampuh untuk menurunkan radang. Sumber utama Omega 3 : berbagai ikan liar / ikan perairan laut dalam (salmon, tengiri, kembung), daging sapi (pakan rumput), bubuk flax (flax meal), chia seeds dan walnut.
    2. Makanan yang kaya akan Sulfur.  Sulfur mengandung sejenis methylsulfonylmethane (MSM) yang mengurangi radang sendi dan membantu membangun kembali jaringan – jaringan sendi. Keefektifan MSM dalam mengurangi nyeri telah terbukti dalam berbagai studi. Sumber utama Sulfur : berbagai bawang (termasuk bawang putih, bawang Dayak), asparagus (rebung) dan kol.  Sauerkraut adalah kol hasil fermentasi asam laktat yang lezat, sehat dan mudah dibuat. Selain mengawetkan makanan, makanan hasil fermentasi memiliki kaya akan gizi dan membantu kita mencapai kesehatan optimal.
    3. Kaldu tulang. Kaldu tulang adalah sumber terbaik untuk mendapatkan asupan gelatn, yang kaya akan asam amino broline dan glycine. Kedua asam amino ini membantu membangun kembali jaringan  – jaringan penghubung  termasuk jaringan di dalam sendi.  Kaldu tulang melembutkan chondroitin sulphates dan glukosamin yang membantu meredakan radang (termasuk  radang karena nyeri sendi/arthritis.  Mari simak  video Dr. Eric Berg – Can Chicken Soup Cure Arthri
      1. Makanan tinggi antioksidan (terutama sayuran dan buah segar), keduanya kaariya antioksidan, vitamin C, vitamin A, serat, magnesium, potassium, enzim pencernaan dan senyawa – senyawa anti radang (anti-inflammatory). Serat dalam sayur dan buah – buahan sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan, menurunkan resiko berbagai penyakit dan membantu kita kenyang. Sumber terbaik untuk mengobati arthritis di antaranya : sayuran hijau, cruciferous , berbagai buah beri, melon, papaya, alpukat dan nanas.
      2. Mengkonsumsi enzim Proteolytic, enzim yang membantu pendernaan dengan menyediakan enzim – enzim penting yang diproduksi oleh sistem pencernaan yang sehat untuk memetabolisme makanan.  Beberapa di antara enzim tersebut  adalah trypsin dan chymotrypsin yang diproduksi oleh kelenjar pancreas, papain dan bromelain.  Papain juga dapat ditemukan dalam papaya , sementara bromelain juga terdapat dalam nanas. Enzim proteolytic memiliki efek anti radang karena membantu memperbaiki kesehatan usus dan meningkatkan kekebalan tubuh.  Beberapa studi jmenunjukkan bahwa keempat enzim tersebut dapat mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan karena rheumatoid arthritis, meningkatkan mobilitas penderita osteoarthritis dan melawan infeksi.
      3. Mengkonsumsi rempah – rempah terutama jahe dan kunyit. Jahe adalah  analgesik  alam dan memiliki sifat anti radang. Jahe terbukti mampu mengurangi rasa nyeri terkait arthritis dan juga memperbaiki sistem pencernaan tubuh terutama usus. Kunyit mengandung lebih dari 100 komponen aktif , Curcumin yang dikenal sebagai anti-radang yang sangat kuat adalah zat teraktif di antara lebih dari 100 komponen yang terkandung dalam kunyit.
      4. Minyak kemenyan (Frankincense / Boswellia serrata) dapat dipijat di kulit bagian sendi yang mengalami peradangan.  MInyak kemenyan membantu mengurangi nyeri sendi melalu beberapa mekanisme di antaranya : memperkuat kekebatan tubuh, membantu meregulasi limfosit (sel – sel darah putih).  Urut  perlahan bagian sendi yang radang dengan campuran minyak kemenyan dan  minyak kelapa  atau minyak zaitun. Beberapa minyak atsiri lain yang juga mengurangi rasa nyeri adalah minyak mur, kunyit, jahe, jeruk, peppermint dan lavender.

       

bone_broth_0_tulang_dipanggang Pengobatan Alami untuk Osteoarthritis
Kaldu tulang adalah sumber terbaik untuk mendapatkan asupan gelatin
  1. Memiliki berat tubuh yang sehat.  Berat badan berlebih memperberat tugas sendi untuk mendukung aktivitas sehar – hari. Selain itu lapisan lemak adalah lapisan aktif yang memproduksi dan melepaskan hormone dan zat – zat kimia. Beberapa zat – zat kimia ini dapa tmengakibatkan radang,s ehingga memperburuk arthritis. Kenaikan lemak dapat mempercepat kerusakan sendi.
  2. Tetap aktif bergerak dan berolah raga. Sering kali penderita arthritis menjadi kurang aktif bergerak karena nyeri saat menggerakkan bagian – bagian tubuh atau saat berolah raga. Namun aktivitas fisik sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan persendian.

Mengapa olah raga menjadi bagian penting dalam pengobatan alami osteoarthritis ?

  • Olah raga memiliki berbagai manfaat di antaranya :
  • Olah raga  memperkuat otot – otot di sekitar sendi yang terinfeksi, sehingga otot mampu berfungsi sebagaimana mestinya.
  • Olah raga mengurangi radang dan meregulasi hormon.

Dalam seminggu, penderita arthritis disarankan untuk melakukan 150 menit olah raga dengan intensitas sedang, atau 75 menit olah raga dengan intensitas agak tinggi.  Hindari olah raga berat.

Latihan – latihan yang cocok bagi penderita arthritis di antaranya :

  1. Aktivitas peregangan (stretching) (setiap hari)
  2. Jalan Cepat (Brisk walking) juga baik untuk kesehatan kardiovaskuler dan memperbaiki imunitas tubuh
  3. Olah raga aerobik untuk membangun kekuatan dan ketahanan tubuh. Penderita arthritis dapat melakukan beragai olah raga di air, seperti aerobik atau bahkan jogging, atau berenang.
  4. Latihan beban (dengan alat bantu beban ringan, kabel atau gunakan berat badan sendiri)

Walaupun genetik adalah salah satu faktor pemicu osteoarthritis, namun  seseorang yang lahir dalam keluarga dengan riwayat  osteoarthritis dapat menghindari penyakit ini dengan gaya hidup yang sehat. Penderita osteoarthritis pun bisa sembuh dengan melakukan kombinasi perawatan dan menjalani pola hidup sehat.

Sumber :

Effective All-Natural Treatments for Arthritis – Dr. Axe

Osteoarthritis Treatment – Dr. Weil

Osteoartritis – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *