Makanan Alami, Pengobatan Almi

Menjaga Kesehatan Sistem Limfatik dengan Makanan

Bersama dengan hati , sistem limfatik adalah bagian terpenting untuk membersihkan racun dari tubuh. Gaya hidup yang tidak sehat dapat memperlambat limfa, sebuah cairan yang mengalir di seluruh bagian tubuh dan sebuah bagian dari sistem kardiovaskuler. Limfa (getah bening) mempengaruhi dan dipengaruh berbagai sistem dalam tubuh, termasuk sistem pencernaan.

Sistem limfatik adalah suatu sistem sirkulasi sekunder yang berfungsi mengalirkan limfa atau getah bening di dalam tubuh. Limfa berasal dari plasma darah yang keluar dari sistem kardiovaskular ke dalam jaringan sekitarnya.

Untuk menjaga kesehatan darah dan sistem pencernaan, tubuh memerlukan makanan bergizi dan olah raga.  Selain makanan bergizi dan olah raga, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menstimulasi aliran limfa,  yaitu :

  1. Pijatan halus
  2. Olah raga trampolin dan yoga
  3. Dry brushing

Beberapa tanda sistem limfatik yang tidak sehat adalah : sakit kepala, radang, buruknya sistem pencernaan, lendir (mucus)  dan kakunya beberapa bagian tubuh. Hindari makanan olahan, tinggi gula pasir atau high fructose corn syrup, dan makanan yang terlalu berminyak, karena akan menyumbat dan memperlambat aliran limfa.

Pada kesempatan ini , kita akan membahas beberapa makanan yang baik untuk menjaga kesehatan sistem limfatik :

  1. Citrus adalah salah satu makanan yang paling efektif untuk mendetoksifikasi tubuh. Lemon, jeruk nipis, berbagai jenis jeru, grapefruit termasuk dalam kategori citrus yang baik untuk menjaga kesehatan limfa dan hati. Citrus mengandung enzim yang kuat dan vitamin C. Untuk kesehatan limfa, konsumsilah 1-3 porsi citrus setiap harinya (dengan berbagai cara seperti dijus, dibuat lemon tea, atau bagian dari salad dressing).
  2. Berbagai jenis beri. Terutama cranberries, berkhasiat untuk membersihkan sistem dan menambahkan hidrasi untuk menjaga kesehatan aliran limfa.  Karena limfa membantu tubuh menyaring berbagai racun, maka mengkonsumsi makanan yang anti bakteri (seperti beri) sangat membantu kesehatan limfa.
  3. Sayuran hijau membersihkan tubuh dari racun dan berbagai bahan kimia berbahaya dan memberi nutrisi pada sel – sel tubuh. Sayuran hijau juga kaya akan berbagai nutrisi seperti vitamin A, C, K, zat besi, magnesium, vitamin B dan protein.
  4. Kuaci (baik biji bunga matahari maupun biji labu) kaya akan magnesium untuk menjaga kesehatan sistem pernafasan dan lemak sehat sebagai pelumas dalam tubuh dan menjaga aliran limfa. Serat dalam kuaci membersihkan sistem pencernaan dari berbagai racun, sehingga membantu menghindari akumulasi racun yang dapat menghambat aliran limfa karena lambatnya sistem pencernaan.
  5. Chia , Hemp dan Flax seed kaya akan asam amino Omega 3 yang sangat baik untuk menjaga aliran limfa. Hemp seeds kaya akan klorofil dan termasuk salah satu makanan terbaik untuk membersihkan tubuh dari racun. Serat yang terkandung dalam biji – bijian ini membantu berbagai proses dalam tubuh untuk mengalir dengan alami sehingga menjaga kesehatan jantung.
  6. Bumbu dan Rempah-rempah. Berbagai jenis rempah berkhasiat untuk membersihkan tubuh. Kunyit, jahe, kayu manis, jinten, ketumbar ,lada hitam dan bawang putih adalah beberapa rempah terbaik untuk membersihkan racun dari tubuh. Rempah – rempah ini juga kaya antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak dan sistem pencernaan, sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga aliran limfa.
  7. Rumput laut dan alga. Spirulina, kelp, nori, wakame, klorella adalah berbagai tipe rumput laut dan alga yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Selain berkhasiat membersihkan tubuh dari racun, rumput laut dan alga adalah makanan padat gizi. Berbagai nutrisi seperti zat besi, asam amino Omega 3, vitamin A, vitamin B, protein ,magnesium, yodium dan klorofil. Tumbuhan laut ini tersedia dalam bentuk lembaran daun atau bubuk. Tambahkan 1 sendok teh tumbuhan laut ini ke dalam smoothies.

Minum air secukupnya (air putih atau jus), karena cairan ini membantu menjaga kelancaran aliran limfa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *