Pengobatan Almi

Mengobati Asma dengan Daun Kelor

The Moringa Truth! – Moringa Oleifera Health Benefits Explained

Sebuah studi  hasil penelitian konsumsi biji kelor pada asma dipublikasikan dalam “Indian Journal of Pharmacology” pada tahun 2008. 20  penderita asma tingkat menengah mengkonsumsi 3 gram bubuk dari biji kelor kering selama 3 minggu. Hasil penelitian memperlihatkan kenaikan signifikan dalam kadar hemoglobin dan meredanya berbagai  gejala asma. Tidak ada efek samping yang muncul pada penelitian ini, sehingga disimpulkan kelor aman dan efektif untuk mengobati asma.   Biji kelor mengandung zat – zat yang melawan asma. Daun kelor terbukti meningkatkan kadar histidine , yang mampu mengurangi reaksi alergi.

Setidaknya ada 2 penelitian ilmiah yang membuktikan  ekstrak biji kelor sama efektif nya dengan obat farmasi Ketotifen untuk mengobati asma.  Juga disebutkan bahwa ethanolik atau air dingin ekstrak dari daun kelor sama efektifnya dengan biji kelor untuk mengobati asma.  

AB-teh_kelor_7 Mengobati Asma dengan Daun Kelor
Gunakan air hangat untuk menyiapkan teh kelor

Namun studi tersebut juga menyatakan bahwa air panas ekstrak kelor  tidak berkhasiat untuk mengobati asma.

 

 

 

 

 

Begini cara membuat teh kelor yang benar untuk menjaga nutrisinya

Moringa Tea Made Correctly

Artinya apapun fitonutrisi atau zat – zat kimia yang mengandung manfaat anti asma musnah jika dipanaskan. Karena itu untuk mempersiapkan teh kelor,  jangan pernah mendidihkan kelor, cukup diseduh dengan air hangat.

Sebuah studi yang berjudul “Investigation into the mechanism of action of Moringa Oleifera for its antiasthmatic activity” menyimpulkan bahwa kelor memiliki beberapa manfaat untuk melawan asm sebagaimana berikut ini :

  1. BroncodilatorKelor meningkatkan aliran udara ke dalam paru – paru dengan mengurangi  resistensi di saluran pernafasan .
  2. Mast Cell StabilizationKelor membantu mengontrol gangguan alergi dengan memblokir  pengeluaran histamin.
  3. Anti-Inflammatory: Kelor mengandung zat anti radang yang kuat, bahkan lebih kuat dibandingkan obat farmasi “Diclofenac Sodium” (yang biasa dikategorikan sebagai obat anti radang non steroid “Nonsteroidal anti-inflammatory drugs
  4. Anti-MicrobialKadang kala gejala – gejala kesulitan atau tidak bisa bernafas merupakan tanda – tanda infeksi bronchial infection. Pengujian terhadap berbagai bakteri patogen pada sistem pernafasan membuktikan kelor mengandung zat anti-mikrobial   yang kuat .
AB-teh_kelor_7 Mengobati Asma dengan Daun Kelor
Daun kelor dapat dikonsumsi dalam bentuk segar, bubuk atau  kapsul
AB-teh_kelor_7 Mengobati Asma dengan Daun Kelor
Kelor juga sedap jika disayur bening

 

 

 

 

 

 

 

Kandungan nutrisi dalam kelor dan khasiatnya untuk mengobati asma

3 polifenol antihistamin  (antihistamine polyphenols)   alami yang banyak terkandung dalam kelor adalah

Quercetin & Keampferol. Kedua antihistamin ini adalah antioksidan sangat kuat dan bekerja secara sinergis.  Mengutup pernyataan Dr. Rakel kepada WebMD : “ Quercetin adalah semacam herbal yang dapat disejajarkan khasiatnya dengan  cromolyn sodium [sebuah obat asma farmasi semprot / over-the-counter spray NasalCrom]. Kelor mengandung 5x quercetin dibandingkan grapefruit, bawang dan okra.

Vitamin C . Sebuah studi pada tahun 1992 menunjukkan bahwa konsumsi 2g vitamin C menurunkan 40% kadar histamine. Pada dasarnya vitamin C memusnahkan struktur molekular histamine , karena itu  untuk melawan alergi / histamine,kita disarankan untuk mengkonsumsi setidaknya 500 mg vitamin C setiap hari.

Asam amino Omega 3  adalah antioksidan yang sangat kuat. Daun kelor mengandung 18 dari 20 asam amino yang diperlukan tubuh, 9 di antaranya adalah asam amino essential.   Omega 3 adalah antioksidan yang sangat kuat.

Bagian pod  dalam keadaan belum matang mengandung sekitar 20.66% protein.

AB-teh_kelor_7 Mengobati Asma dengan Daun Kelor
Setiap bagian dari kelor kaya akan vitamin, mineral, asam amino, dan flavonoid

Berikut ini kandungan asam amino kelor pada setiap bagian pohon kelor :

  • Pod mengandung 30%  asam amino
  • Daun mengandung44% asam amino
  • Bunga mengandung 31% asam amino

Asam palmitat, asam linolenat, asam linoleat dan asam oleat dalam jumlah yang hampir sama terkandung dalam pods dan bunga yang belum matang.

Bunga Kelor dapat dimanfaatkan untuk diseduh sebagai teh, atau diblender dan dicampurkan dalam berbagai adonanan makanan. Lihat caranya di video ini  All About Moringa Flowers

Selain 2 antihistamin ini, kelor kaya akan flavonoid, berbagai antioksidan, vitamin, mineral dan berbagai fitosterol.  Beberapa di antara berbagai kandungan penting kelor adalah :

  1. Mineral (kalsium, potassium, zinc, magnesium, zat besi dan copper).Magnesium  melonggarkan saluran pernafasan dan paru – paru karena itu mengurangi radang di saluran pernafasan. Berbagai vitamin seperti betakaroten (vitamin A),  asam folat, pyridoxine dan  nicotinic acid  (vitamin B), vitamin C, D dan E juga terkandung dalam kelor.Baca di sini : Manfaat Magnesium bagi Kesehatan Tubuh.
  1. Zat fitokimia (tannin, sterol, terpenoid, flavonoid, saponin, anthrauinones, alkaloid, dan berbagai zat anti kanker (glucosinolates, isothiocyanates, senyawa glycodisde dan glycerol 1-9-octadecanoate).
  2. Berbagai fitosterol (phytosterols) seperti stigmasterol, sitosterol dan kampesterol yang merupakan precursor hormon. Semua senyawa ini meningkatkan produksi hormon estrogen, sehingga meningkatkan produksi susu.

Kesimpulan

Sebagian besar obat – obatan asma dari farmasi mengandung steroid yang dapat mempengaruhi perkembangan tulang dan berujung pada osteoporosis. Dengan mengkonsumsi kelor, maka  sistem kekebalan tubuh meningkat sehingga gejala dan serangan asma dapat diredam. Selain itu  kelor kaya akan kalsium yang menjamin kesehatan tulang kita. Jumlah kalsium dalam kelor adalah 4x daripada dalam susu sapi.

Hindari konsumsi kelor berlebihan. Kelor merupakan zat laksatif kuat, overdosis kelor dapat mengakibatkan akumulasi zat besi yang menyebabkan gastrointestinal distress dan hemochromatosis. Mulailah mengkonsumsi kelor dengan ½ sendok teh selama  1 minggu, tingkatkan dosisnya perlahan – lahan, sampai mencapai dosis yang dapat diterima oleh tubuh. Amati respon tubuh kamu terhadap peningkatan dosis kelor.

Hindari panas tinggi dalam mengkonsumsi kelor. Bubuk  daun kelor cukup diseduh air hangat. Gunakan api kecil untuk  menumis daun kelor untuk menjaga nutrisinya.

Kelor ampuh mengobati lebih dari 300 penyakit.Selain itu daun kelor  adalah sumber protein nabati yang murah dan sehat karena kaya akan  Omega 3.

Mulailah mengkonsumsi kelor untuk menjaga asupan protein kamu. Jalankan Pola Hidup Sehat untuk Penderita Asma.

Bubuk daun kelor memiliki aroma dan rasa yang cukup tajam. Bagaimana cara kamu mengkonsumsi kelor ?Bagaimana  manfaat kelor untuk mengobati asma ?

Sumber

Antiasthmatic activity of Moringan oleifera Lam : A clinical study

18 Amazing Moringa Benefits – Organic Facts

Moringa : Uses, Side Effects, Interactions and Warnings – WebMD

Moringa tea nutrition : how to make, buy Moringa tea – Moringa Tree Organization

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *