Pengobatan Almi

Mari Mengenal Acupressure

 Acupressure digunakan dalam tradisi pengobatan Cina selama berabad – abad. Acupressure memakai prinsip yang juga diterapkan pada akupuntur untuk membantu relaksasi, kesejahteraan, dan mengobati berbagai penyakit. Acupressure kadang disebut sebagai akupuntur dengan tekanan (bukan dengan jarum). Bagaimana cara kerja acupressure ?

AP0-Mari-Mengenal-Acupressure-PrettyHealthyMejpg-300x272 Mari Mengenal Acupressure
Acupressure adalah bagian pengobatan tradisional Cina sejak berabad – abad lalu

Teori di Balik Acupressure

Acupressure adalah satu dari beberapa Asian bodywork therapies (ABT) yang berakar pada pengobatan tradisional Cina. Beberapa terapi pijat lainnya adalah  Qigong dan Tuina. Shiatsu is a Japanese form of acupressure. Pengobatan tradisional Cina mendeskripsikan beberapa titik (acupoints atau acupressure points) yang terletak di sepanjang meridian, atau jalur – jalur di sepanjang tubuh yang menjadi target dalam acupressure. Jalur – jalur yang tidak kasat mata ini dipercaya mengalirkan energi vital yang dalam bahasa Cina disebut qi. 12 meridian utama dipercaya menghubungkan beberapa organ atau jaringan dari berbagai  organ, membentuk suatu sistem komunikasi di seluruh tubuh. Meridian – meridian tersebut berawal pada ujung jari, terhubung ke otak dan suatu organ spesifik dengan meridian tertentu.

Menurut teori ini, saat salah satu dari berbagai meridian ini diblokir atau tidak seimbang, terjadilah penyakit. Acupressure  dan akupuntur adalah beberapa jenis pengobatan tradisional Cina yang dimaksudkan untuk membantu mengembalikan keseimbangan dalam tubuh.

Apa Manfaat Acupressure bagi Kesehatan ?

Penelitian ilmiah mengenai manfaat acupressure bagi kesehatan masih berada pada tahap awal. Namun banyak pasien melaporkan manfaat acupressure untuk berbagai gangguan kesehatan. Berikut ini beberapa masalah kesehatan yang mendapatkan manfaat dari acupressure.

AP0-Mari-Mengenal-Acupressure-PrettyHealthyMejpg-300x272 Mari Mengenal Acupressure
內關 Titik acupressure PC6 untuk merngatasi mual dan muntah – muntah
  1. Mual – mual  Beberapa penelitian mendukung acupressure pada pergelangan tangan untuk mencegah dan mengatasi mual dan muntah  pada kondisi : setelah operasi, spinal anaesthesia, setelah kemoterapi, mabuk darat ,mabuk laut, dan kehamilan. Titik acupressure PC 6 terletak pada coakan di antara 2 urat besar di bagian dalam pergelangan tangan yang berawal dari telapak tangan. Ada beberapa ikatan pergelangan tangan yang dijual bebas. Tekanan pada titik – titik PC 6 ini efektif untuk orang – orang tertentu. Beberapa laporan menyatakan manfaat acupressure untuk meredakan mual setelah kemoterapi. Selain itu acupressure juga  membantu mengurangi stress, memperbaiki tingkat energi, meredakan nyeri dan mengurangi gejala – gejala kanker atau pengobatan kanker. Perlu penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi  pernyataan ini.
  2. Nyeri. Beberapa bukti awal menyatakan acupressure dalam membantu mengurangi nyeri punggung bagian bawah, nyeri setelah operasi, sakit kepala dan berbagai nyeri lainnya.  Titik acupressure LI 4 kadang ditekan untuk meredakan sakit kepala.
  3. Arthritis. Beberapa studi menyebutkan bahwa acupressure melepaskan  endorphin dan memberikan efek anti-radang , sehingga bermanfaat pada arthritis. [Baca juga : Pengobatan Alami untuk Osteoarthritis]
  4. Depresi dan kecemasan. Beberapa studi menyatakan manfaat acupressure untuk meringankan kelelahan (fatigue) dan memperbaiki mood.
  5. AP0-Mari-Mengenal-Acupressure-PrettyHealthyMejpg-300x272 Mari Mengenal Acupressure
    合谷 He Gu (accupressure LI 4) untuk meredakan stress dan sakit kepala

Bagaimana keamanan acupressure ?

Pada dasarnya acupressure sangat aman, namun tetap disarankan bagi para penderita kanker, arthritis atau kondisi kronis lainnya, untuk mendapatkan persetujuan dokter sebelum melakukan acupressure.

Kondisi yang harus dihindari pada acupressure :-

  • Area kanker atau tumor ganas, atau jika kanker sudah menyebar ke tulang.
  • Penderita rheumatoid arthritis, cedera saraf tulang belakang, atau penyakit tulang yang rentan memburuk dengan stimulasi fisik.
  • Mereka yang memiliki varicose veins.
  • Ibu hamil, karena beberapa titik dapat menimbulkan kontraksi.

Selanjutnya : Mengatasi Stress dengan Akupressure

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *