Psikoterapi

Fase Pertama dari 4 Fase Model Proses Pengampunan Enright

Dalam fase pembongkaran dari model proses pengampunan Enright, seseorang mendapatkan wawasan apakah dan bagaimana suatu ketidakadilan dan luka telah mengubah / mempengaruhi hidupnya. Pada tahap ini korban perlu menghadapi penghinaan secara objektif dan mencari tahu luka batin yang telah mengubah hidupnya. Fase ini adalah langkah penting untuk memberikan pengampunan . Ini artinya menentukan secara objektif, siapa  telah melakukan apa kepada siapa. Seseorang tidak dapat mengampuni luka yang tidak terjadi.

Salah satu langkah mendasar dalam memberikan pengampunan adalah mengklarifikasi penghinaan secara objektif, artinya menentukan secara objektif  siapa melakukan apa kepada siapa. Seseorang tidak dapat mengampuni sebuah penghinaan  yang tidak terjadi, walaupun seseorang mungkin dapat menyelesaikan kemarahan yang ditimbulkan oleh sesuatu yang dianggap sebagai penghinaan, saat duduk perkara yang sebenarnya dari kejadian tersebut dipahami.

Secara psikologis, orang tidak dapat mengampuni sebuah penghinaan terhadap orang lain, namun mereka dapat mengampuni efek tidak langsung yang dialami setelah seseorang disakiti hatinya. Contoh : jika seseorang  pengendara yang mabuk menabrak dan membunuh seseorang, keluarga korban tidak dapat mengampuni si pengendara mabuk tersebut.

Seseorang tidak dapat mengampuni Tuhan, karena Tuhan tidak pernah melukai hati manusia. Tapi jika kita kecewa kepada Tuhan, atas apa yang telah terjadi, atau tidak terjadi kepada kita atau yang lainnya, adalah mungkin untuk melakukan “reframing” atau berbagai upaya lain, termasuk mengampuni orang tua atau figur berkuasa lainnya, untuk menyelesaikan kekecewaan kepada Tuhan. Namun seseorang dapat mengampuni sakit hati atau kerugian yang dialaminya , karena orang yang dicintai telah menjadi korban.

Dalam rangka mencari tahu yang sebenarnya dari suatu penghinaan, membongkar konsekuensi dari suatu penghinaan menyangkut pemahaman bagaimana  “ketidakadilan “ dan “reaksi seseorang terhadap ketidakadilan” telah mempengaruhi hidup seseorang. Pada fase ini, seseorang harus menghadapi berbagai aspek yang secara alami ditemukan dalam penghinaan  dan berbagai luka yang  disebabkan oleh penghinaan tersebut.

Kadang kala, seseorang mungkin perlu dibantu untuk memahami kaitan antara ketidakmampuan untuk mengampuni dengan  berbagai masalah  fisik dan psikologis yang dialami sebagai akibat dari memendam atau menekan kemarahan.

RE-Fase-1-dari-model-Rinright-adalah-pembongkaran-membuka-berbagai-lapisan-luka-300x204 Fase Pertama dari 4 Fase Model Proses Pengampunan Enright
Lapisan bawang sebagai analogi fase pembongkaran yang melibatkan berbagai lapisan luka batin

Dalam konseling, hal ini melibatkan pencarian dan penanganan “berbagai lapisan luka” dan berbagai kemarahan. Berbagai lapisan luka tersebut dapat melibatkan berbagai emosi negatif seperti rasa malu, bersalah, pemikiran obsesif mengenai pelaku,  dan/atau penghinaan, perubahan hidup karena penghinaan tersebut (baik temporer maupun permanen), dan perubahan pandangan seseorang mengenai keadilan dunia dan keadilan Tuhan.

Selanjutnya : Fase Kedua dari 4 Fase Model Proses Pengampunan Enright

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *