Perawatan Tubuh (

(DIY) Facial Toner Alami dari Garam Himalaya

Facial toner berfungsi untuk mengangkat kotoran  minyak berlebih dan make up dari pori – pori kulit wajah. Selain itu facial toner berfungsi untuk  mengecilkan pori – pori kulit wajah. Supaya dapat mengecilkan pori – pori wajah, facial toner harus mengandung bahan astringent yang menyebabkan kontraksi jaringan, sehingga kulit menjadi kencang dan pori – pori mengecil.

Banyak facial toner  komersil yang menggunakan pengecil pori sintetis yang basa kuat yang mampu mengencangkan kulit dengan cepat, namun menyebabkan kulit kehilangan asam alaminya, sebuah efek samping yang dampaknya akan dirasakan seiring dengan waktu.

Facial  toner yang baik adalah yang  mengandung astringent yang membersihkan kulit dengan lembut,dan tetap menjaga pH kulit pada tingkat ideal, yaitu agak asam. Dua komponen aktif dalam facial toner alami ini adalah cuka apel organik dan garam Himalaya, yang keduanya merupakan astringent alami yang membersihkan kulit dan melindungi keasaman alami kulit.

Garam-Pink-Himalaya-PrettyHealthyMe-Bukalapak-300x300 (DIY) Facial Toner Alami dari Garam Himalaya
Garam pink Himalaya adalah garam purba yang ditambang dari pegunungan Himalaya, mengandung 84 makro mineral dan trace mineral

Resep #1 : Facial Toner Alami dari Garam Himalaya & Cuka Apel Organik

Bahan :

  • ½ cangkir air minum
  • 2 sdt garam Himalaya
  • 2 sdt cuka apel organik

Catatan : untuk kulit berminyak, dapat menambahkan lebih banyak cuka apel, sampai perbandingan cuka apel dan air = 1:1 .

Garam Himalaya mengandung 84 trace mineral dan mineral utama, dalam bentuk partikel mikroskopis yang sangat mudah diserap oleh sel – sel tubuh manusia. Partikel mikroskopis ini mampu membersihkan pori – pori dari kotoran dan bakteri , memurnikan kulit, dan menstimulasi sirkulasi darah pada kulit. Baca juga : Sehat dengan garam pink Himalaya.

Garam adalah antiseptik alami, sehingga kontak garam dan  kulit membentuk suatu lingkungan yang menyulitkan pertumbuhan mikroorganisme. Selain itu, berbagai mineral dalam garam (seperti magnesium dan kalsium)  bersifat hidroskopis, artinya memiliki kemampuan untuk menarik dan menahan air, sehingga garam juga merupakan pelembab alami kulit.

Facial toner almi dari garam Himalaya dan cuka apel organik ini  juga dapat digunakan untuk thalassotherapy dan mendetoksifikasi kulit.

Resep #2: Facial Toner Alami dari Garam Himalaya & Lemon

Bahan :

  • ½ cangkir air minum
  • 2 sdt garam Himalaya
  • 4 sdt jus perasan lemon atau jeruk nipis

Catatan : untuk kulit berminyak, dapat menambahkan lebih banyak perasan lemon, sampai perbandingan lemon dan air = 1:1 .

Selamat mencoba, berapa perbandinan cuka apel organik atau lemon dan air yang efektif untuk kulitmu ?Dan apa jenis kulitmu (normal, kering, berminyak, atau kombinasi)

Garam-Pink-Himalaya-PrettyHealthyMe-Bukalapak-300x300 (DIY) Facial Toner Alami dari Garam Himalaya
Garam Himalaya adalah salah satu andalam Elle Macpherson untuk menjaga kecantikan kulit. Image Credit to Woman and Home

Coba Juga :

3 Rahasia Perawatan Tubuh Priyanka Chopra   (Lip Scrub dari Garam Mineral)
DIY Body Scrub Garam Himalaya

Perawatan Kulit Kepala dengan Garam Himalaya

Dapatkan garam Himalaya di sini :
Republik 89

Republik 89 Natural

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *