Makanan Alami, Pengobatan Almi

Cara Terbaik Menjaga Kesehatan Limpa

Peranan Limpa

Limpa adalah organ kecoklatan berbentuk oval, yang terletak di sebelah kiri atas perut, tepat di bawah tulang rusuk.  Mengapa sangat penting menjaga kesehatan limpa ? Sebagai bagian dari sistem limfatik, limpa melakukan berbagai fungsi dalam tubuh untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan dari luar (infeksi, stress dan beberapa defisiensi). Jika tubuh diibaratkan sebagai sebuah kota, limpa dan cairan limfa dapat dianalogikan sebagai polisi, pemadam kebakaran dan tukang sampah.

Salah satu produk terpenting yang dihasilkan limpa adalah antibodi yang membantu mengatasi bakteri dan berbagai mikroba.

Fungsi limpa di antaranya :

  1. membantu menjaga agar darah bersih dari bahan – bahan asing,
  2. mentransportasi dan menyeimbangkan aliran cairan
  3. mengantarkan sampah keluar dari otot dan jaringan sendi.

Salah satu masalah yang umum adalah pembengkakan limpa. Sebagaimana berbagai organ dalam sistem pencernaan,  limpa rentan terhadap berbagai racun , parasit atau bahan kimia sintetis yang memasuki tubuh.

Berbagai Gejala Pembengkakan Limpa :

  1. Perasaan tidak nyaman setelah makan
  2. Sakit dan lembek pada bagian kiri perut (sekitar limpa)
  3. Sakit yang menyebar dari daerah perut ke bahu kiri
  4. Sakit saat bernafas dalam – dalam atau saat bergerak
  5. Tingkat energi yang rendah (mudah lelah / chronic fatigue)

Organ limpa adalah bagian dari sistem pembuangan cairan tubuh. Limpa memproduksi sel – sel darah putih yang membawa sampah, bakteri, sel – sel dan jaringan mati ke aliran darah untuk dikeluarkan dari tubuh.

  1. Gejala anemia
  2. Penurunan berat badan secara dramatis (dan tidak disengaja)
  3. Sering mengalami infeksi (telinga, saluran kencing, saluran pernafasan atau infeksi sinus)
  4. Mudah mengalami pendarahan dan lembam

Apa  yang menyebabkan pembengkakan limpa ?

Pembengkakan limpa dapat disebabkan berbagai hal seperi infeksi virus, konsumsi alkohol berlebihan, pengerasan hati, atau infeksi karena parasit. Berikut ini 5 hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan limpa, selain itu jangan lupa untuk menghindari makanan olahan / kemasan yang kaya berbagai zat kimia sintetis dan meminimalisir obat – obatan farmasi untuk membantu membersihkan hati. Juga dianjurkan untuk menghentikan kebiasaan merokok.

Berbagai penyebab pembengkakan limpa di antaranya :

  1. infeksi karena bakteri
  2. virus
  3. parasit
  4. penggunaan obat farmasi atau narkotika
  5. konsumsi alkohol yang berlebihan
  6. efek penyebaran kanker (leukemia, limfoma)
  7. penyakit hati atau pengerasan hati    penyakit yang menyerang sel – sel darah
  8. gangguan sistem limfatik  reaksi
  9. gangguan autoimmune (seperti arthritis)
  10. trauma fisik (misalnya karena kecelakaan atau olah raga)
  11. sering kali pembengkakan limpa disebabkan oleh infeksi, karena saat tubuh terserang infeksi, terjadi peningkatan sel – sel darah putih untuk mengatasi infeksi (karena virus, parasit atau bakteri).

Pembengkakan limpa juga bisa menjadi efek samping dari gangguan pada organ lain seperti organ hati, atau organ lainnya dalam sistem kekebalan tubuh. Saat organ hati bekerja terlalu keras untuk mengeluarkan racun dari tubuh, kerja limpa juga diperberat.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan limpa

  1. Aktif bergerak dan berolah raga teratur Pembuangan dalam sistem limfatik tergantung kepada bagaimana bagaimana kamu menggerakkan tubuhmu secara teratur. Karena cairan limfa bergerak melalui simpul limfa dan limpa karena pergerakan otot, gaya gravitasi dan sirkulasi darah, maka tubuh rentan menjadi sakit jika tidak bergerak. Olah raga teratur bermanfaat bagi limpa karena membantu aliran darah dan cairan ke seluruh tubuh. Hal ini penting untuk limpa yang bertugas untuk menyaring dan mentransformasi berbagai partikel dalam cairan limfa.
  2. Melindungi Limpa dari kerusakan lebih lanjut Siapa saja yang menderita pembesaran limpa harus memperlakukan bagian perut dengan sangat hati – hati, karena perlakuan yang kasar dapat mengakibatkan limpa memburuk. Dalam hal ini, hindari olah raga seperti sepak bola, bola basket, gulat dan membatasi aktivitas fisik yang beresiko membentur bagian perut. Selalu menggunakan sabuk pengaman  saat mengendarai kendaraan karena kecelakaan mobil sangat mungkin menciderai bagian perut dan limpa. Saat mengalami pembesaran limpa, konsultasikan dengan dokter untuk mencari tahu aktivitas fisik yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan limpa.
  3. Mengkonsumsi makanan padat gizi. Menjaga kesehatan limpa dipandang penting dalam pengobatan Timur untuk menjaga kesejahteraan, kekuatan dan imunitas. Ini karena fungsi limpa yang tidak hanya sekedar sebagai penjaga, melainkan sebagai organ yang mampu menangani sel – sel darah, limpa dapat mengubah nutrisi dari makanan menjadi bahan bakar bagi tubuh. Dalam pengobatan tradisional Asia, limpa yang tidak sehat menjadi salah satu penyebab kelelahan (fatigue) ,  anemia dan dapat mempengaruhi kerja berbagai organ dalam sistem pencernaan, termasuk usus besar, uterus, atau hati.  Cara terbaik untuk mendukung kesehatan limpa dan keseluruhan sistem limfatik dan sistem pencernaan adalah dengan pola makan (diet) yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Pola makan ini dikenal dengan anti-inflammatory diet, yang mampu mengurangi radang dan melawan kerusakan akibat radikal bebas, sehingga mencegah pembesaran limpa menjadi masalah yang lebih buruk. Anti-inflammatory diet juga membawa sel – sel darah dan berbagai nutrisi ke jaringan, sehingga tubuh tidak hanya mendapatkan nutrisi, tapi juga terbantu untuk membuang racun.
  4. Mengurangi Stress Sistem limfatik, kekebalan tubuh dan sistem pencernaan sangat rentan terhadap stress. Otak berkomunikasi dengan berbagai organ dan setiap kali otak berpikir bahwa kamu dalam  keadaan berbahaya, hormon  menjadi berubah  dan mempengaruhi kemampuan tubuh untuk melindungi diri dari berbagai ancaman. Stress kronis dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan radang dan masalah pencernaan , seperti irritable bowel syndrome, ulcer dan berbagai masalah lainnya. Untuk mengatasi stress, gunakan berbagai teknik relaksasi seperti melakukan hobi yang kamu sukai, berjalan – jalan di alam terbuka, mandi dengan air hangat (Baca dan coba : (DIY)Body Scrub Garam Himalaya),  acupressure, latihan pernafasan, meditasi, yoga, melakukan aktivitas sosial ,melatih kreativitas dan lain sebagainya.
  5. Gunakan Berbagai Suplemen untuk Menjaga Kesehatan Limfa. Beberapa essential oil berkhasiat untuk memperbaiki kemampuan tubuh untuk mengobati pembengkakan, memerangi infeksi, meningkatkan aliran darah dan mengurangi rasa sakit. Essential oil yang bermanfaat untuk mencegah pembengkakan pada simpul limfa di antaranya: minyak mur, minyak oregano, dan minyak kemenyan (frankincense oil). Selain berbagai bumbu dan rempah, karbon aktif (activated charcoal) juga bermanfaat untuk memperbaiki kesehatan hati, sirkulasi dan memerangi radang.
  6. Hindari mengkonsumsi makanan yang menyebabkan stress pada sistem sirkulasi dan kekebalan tubuh. Semakin banyak bahan kimia sintetis yang dimakan, semakin berat kerja hati, limpa dan berbagai organ pencernaan. Makanan yang harus dihindari adalah berbagai penyebab alergi seperti : produk dari susu (terutama susu sapi), gluten, kacang kedele, atau kerang atau nightshades), protein hewani berkualitas rendah, cemilan tinggi gula, minyak tumbuhan yang tidak sehat (minyak canola, minyak dari biji bunga matahari dan minyak dari kacang kedele) dan berbagai makanan olahan yang mengandung bahan beracun atau bahan – bahan kimia sintetis. Makanan di bawah ini adalah makanan yang mendukung kesehatan limpa, semua makanan ini dapat ditemukan dalam anti-inflammatory diet :
    1. Sayuran hijau Buah dan sayuran yang berwarna cerah (termasuk sayuran cruciferous (brokoli, kol, dan kembang kol) dan berbagai jenis beri.
    2. Makanan yang kaya asam amino Omega 3 (ikan laut perairan dalam seperti salmon, kembung, tuna, tongkol dan berbagai makanan laut)
    3. Kacang dan biji – bijian (chia, flax, hemp, kuaci dari biji semangka atau kuaci dari labu)
    4. Minyak sehat yang tidak melalui proses pemanasan (extra virgin olive oil, VCO)
    5. Bumbu dan rempah – rempah seperti jahe, paprika, kunyit, kencur, bawang putih.

Bagaimana cara kamu menjaga kesehatan limpa ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *