Makanan Alami

Cara Membuat Bawang Putih Hitam (Black Garlic)

Bawang putih hitam (Black garlic /黑蒜 ) adalah bawang putih  mentah yang gulanya terkaramelisasi sempurna , dimana gula dalam bawang putih dipecahkan secara bertahap. Bawang putih hitam adalah bagian dari kuliner Asia Timur (Cina, Korea, Jepang), semasa pembangunan Tembok Besar Cina, para pekerja migran yang kondisinya lemah diberi asupan bawang putih hitam ini.  Bawang putih hitam dapat dibuat dengan menggunakan rice cooker atau magic com, namun proses membuat bawang putih hitam membutuhkan kesabaran karena memerlukan kira – kira 3 – 4 minggu untuk memastikan seluruh gula dipecahkan.  Juga dibutuhkan toleransi dengan bau bawang putih yang menyengat yang akan memenuhi seluruh sudut ruangan.

Bawang putih hitam tidak memiliki bau bawang putih mentah, dan sangat enak, rasanya merupakan perpaduan rasa manis, asam, dan asin, mirip perpaduan bawang yang terkaramelisasi dan cuka balsamic.  Teksturnya pun sangat lembut.   Bawang putih hitam biasa dikonsumsi oleh penderita kanker.

 

BG-Bawang-putih-hitam-PrettyHealthyMe-3-alasi-dengan-kertas-tissue Cara Membuat Bawang Putih Hitam (Black Garlic)
Bawang putih hitam adalah bawang putih mentah yang mengalami proses Maillard sehingga seluruh gulanya terkaramelisasi

Bahan : 250 gram bawang putih kating / tunggal (atau bawang putih biasa)

Perlengkapan :

  1. Rice cooker atau magic com
  2. Lilin aromaterapi (untuk membantu memerangi aroma bawang putih)

Instruksi :

  1. Tempatkan rice cooker di daerah dengan ventilasi udara yang bagus (dekat jendela).
  2. Jika menggunakan bawang putih biasa, kupas kulit terluar sampai terlihat batas antar bawang putih, namun tetap harus ada kulit bawang untuk menghindari gosong.
  3. Tempatkan seluruh bawang putih dalam satu lapisan.
  4. Jika bawang putih terlalu banyak, bawang putih dapat ditempatkan beberapa lapisan, namun buka dan aduk bawang putih setiap 2 hari untuk memastikan panas diterima seluruh bawang putih dengan merata.
  5. Setelah 10 hari, matikan rice cooker, tempatkan bawang putih hitam di nampan yang dilapisi kertas minyak, dinginkan bawang pada suhu ruang. Setelah dingin, simpan di kulkas.
  6. Apa yang terjadi dalam Proses Maillard bawang putih hitam

Saat ditempatkan dalam rice cooker / magic com dan ditutup selama 9-10 hari (dipanaskan (tombol Warm , bukan Cook), suhu di dalam rice cooker / magic com akan naik, sehingga seluruh gula dalam bawang putih akan terkaramelisasi sempurna dalam 9-10 hari.

  1. Peringatan
    Bau bawang putih gosong akan timbul selama beberapa hari pertama.  Bau bawang putih akan mulai memudar setelah 3 hari. Pada hari ke-10 biasanya sudah tercium wangi yang manis, asam, asin , perpaduan bawang yang terkaramelisasi dan cuka balsamic.
  2. Proses Maillard ini akan meninggalkan bau bawang putih ada rice cooker atau magic com yang digunakan, jadi sebaiknya dedikasikan rice cooker atau magic com khusus / bekas untuk membuat bawang putih hitam.Sebaiknya tidak mengundang tamu selama proses Maillard berlangsung.

Bawang putih hitam BUKAN merupakan proses fermentasi  

Bawang putih hitam merupakan hasil dari proses kimia yang disebut proses Maillard. Proses ini menyebabkan timbulnya warna kecoklatan di bawang yang ditumis, steak, roti panggang dan biji kopi yang dipanggang. Proses reaksi Maillard menghasilkan berbagai senyawa yang membuat rasa bawang putih hitam menjadi istimewa dan unik. Proses membuat bawang putih hitam bukan merupakan proses fementasi. Proses fermentasi adalah proses yang melibatkan bakteri baik yang memakan gula dalam suatu bahan makanan. Proses Maillard tidak melibatkan bakteri apapun.Proses Maillard bisa diartikan sebagai proses pemanggangan yang sangat lama.

Tips

  • Aduk bawang putih setiap 2 hari untuk memastikan panas diterima merata oleh semua bawang putih. Panas pada rice cooker maupun magic com berpusat pada bagian bawah dan sisi samping panci
  • Jangan biarkan rice cooker mati, pastikan bahwa rice cooker tetap menyala (Warm) selama setidaknya 9 – 10 hari.
  • Kadang terjadi, rice cooker akan mati sendiri . I Setelah 9 hari, kupas salah satu bawang, jika bagian dalam bawang putih kurang hitam, maka kembali panaskan bawang putih. Pastikan bahwa bawang putih tidak menjadi kering selama proses Maillard berlangsung.
  • Untuk mengatasi bau bawang putih yang menyengat : tempatkan rice cooker di dekat jendela, atau selalu nyalakan lilin aromaterapi.

Baca juga : Sejarah Bawang Putih Hiam 黑蒜

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *