Sehat dengan Sayur & Buah

“Let food be thy medicine and medicine be thy food.”

—Hippocrates

Mari lupakan sejenak istilah vegan, vegetarian dan  pola – pola makan (diet) tertentu  (Paleo , Mayo Omni, rendah karbohidrat, rendah lemak dan mulai belajar mengenai pola makan  optimal untuk ktesehatan.

PrettyHealthyMe-Fresh-Veggies-300x225 Sehat dengan Sayur & Buah

Kesamaan dari berbagai pola makan  tersebut adalah meminimalisir makanan buatan, dan menitik beratkan pada makanan alami terutama sayur , buah – buahan , kacang, biji – bijian, dan polong – polongan segar  (pemrosesan minimal).

Tumbuh – tumbuhan mengandung serat dan zat – zat fitokimia ,  dua eleman yang tidak ditemukan dalam makanan buatan. Menerapkan pola makan sehat saja tidak selalu bisa menyembuhkan penyakit kritis, tetapi  pasti membantu kita mencegah dan mengontrol  penyakit. Untuk membantu tubuh menyerap nutrisi, diperlukan oksigen dan mineral lainnya.

Sayur umbi (akar) harus dikonsumsi dalam porsi lebih kecil dibandingkan sayur dedaunan  (sayur  rendah zat pati).  Zat pati adalah gula kompleks, yang jika dikonsumsi berlebihan akan menaikkan kadar gula darah dan berpotensi menyebabkan penyakit.

PrettyHealthyMe-Fresh-Veggies-300x225 Sehat dengan Sayur & Buah

Makanan yang terbuat dari tepung terigu, gula putih , garam putih/garam meja dan margarin (trans fat) adalah makanan minim nutrisi , sering kali tinggi gula dan lemak tidak sehat serta mengandung zat kimia tambahan (pengawet dan pewarna), sehingga sulit dicerna tubuh. Contoh dari makanan yang harus dihindari adalah : roti tawar (tepung terigu putih), kue , biskuit, mie, permen. Intinya, hindari makanan yang terlalu manis atau terlau padat.

Kesimpulannya, untuk hidup yang lebih sehat,  mulailah beralih kepada karbohidrat kompleks (terutama sayur – sayuran dan buah), konsumsi protein, lemak sehat, dan garam mineral secukupnya. Hindari lah makanan berbahan dasar tepung terigu, gula putih, garam putih / garam meja, margarin).

Tip

Untuk membantu Anda mengurangi konsumsi gula, ingatlah bahwa gula mempercepat proses penuaan dini. Sebaliknya,  sayur dan buah – buahan  segar yang kaya serat  menjaga gula darah Anda stabil, sehingga menjaga berat tubuh terjaga dan mencegah penuaan diri .

Sesuai  nasihat bapak ilmu kedokteran  menasihatkan“biarkan makanan menjadi obat-mu” .