Perawatan Tubuh (

15 Rahasia Alami untuk Kulit Bebas Selulit

Apa Penyebab Selulit ?

Selulit adalah timbunan lemak yang menekan jaringan konektif. Selulit disebabkan oleh faktor genetik, diet, gaya hidup, umur dan hormon, namun selain itu, penyebab utama selulit adalah racun. Dalam dunia modern ini, kita menghirup udara yang tercemar, sayuran yang disemprot pestisida, air yang tercemar fluorine dan chlorine. Semua ini adalah racun yang jika berakumulasi dalam tubuh. Dalam tubuh yang sehat, ginjal, liver dan limfa bekerja optimal untuk mengeluarkan racun, namun tubuh yang sehat pun tidak mampu melakukan detoks jika tumpukan racun yang terlalu banyak.

Berikut ini adalah 15 hal yang dapat dilakukan untuk meminimalisasi tumpukan racun dalam tubuh

  1. Diet sehat : dengan mengkonsumsi makanan segar (dengan penekanan pada konsumsi sayuran dan buah segar, dan lemak sehat serta daging organik dalam moderasi). Makanan yang terlalu diproses, tinggi gula pasir atau pengawet sintetis (aspartam, siklamat), tinggi garam meja (garam putih) , berbagai produk rekayasa genetika (kedelai, jagung, dan berbagai produk olahannya: tempe, tahu, minyak canola, high fructose corn syrup) adalah makanan yang harus dihindari. Sebaiknya jalankan anti-inflammatory diet. Cobalah untuk menjalankan anti-inflammatory diet untuk mengurangi peradangan dalam tubuh.
  2. Mengkonsumsi bumbu dan rempah untuk mengurangi radang. Radang adalah akar utama berbagai masalah kesehatan. Radang memperlambat segala hal, merusak jaringan dan bahkan menumpuk lebih banyak racun (dan selulit) dalam tubuh. Bumbu dan rempah – rempah seperti : bawang putih, jahe, kunyit, sereh adalah beberapa makanan anti radang yang sangat efektif,  yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari.
  3. Minum air putih secukupnya, air putih adalah bagian penting untuk detoks harian karena air membantu mengeluarkan racun. Selain itu air menjaga kelembaban kulit dan berbagai jaringan dalam tubuh.
  4. Gunakan garam alami / garam kaya mineral. Ganti garam dapur (garam meja / garam putih / refined seasalt) dengan garam mineral (garam laut berkuaalitas seperti garam pink Himalaya, garam Celtic, atau garam Hawai). Garam berkualitas tidak hanya sekedar asin, tapi kaya mineral dalam bentuk yang diperlukan oleh tubuh manusia untuk berbagai proses metabolisme. Garam Himalaya mengandung 84 macrk mineral dan trace mineral. Baca khasiat garam Himalaya di sini.
  5. Olah raga / olah tubuh secara teratur. Olah raga yang benar tidak hanya membakar kelebihan lemak, namun membentuk otot dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh dalam bentuk keringat. Olah raga trampolin sangat baik untuk menstimulasi sistem limfatik yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh.  Beberapa gerakan yoga juga memijat organ – organ tubuh bagian dalam sehingga menstimulasi organ untuk bekerja optimal.
  6. Kurangi lemak tubuh Berat (massa) tubuh terdiri dari air, lemak, darah, tulang dan otot. Fokuskan pada pengurangan lemak tubuh ,bukan pada pengurangan berat badan. Kurangi kalori dengan cara mengganti makanan kalori kosong (empty calories food) dengan makanan padat gizi (sayuran dan buah segar). Jalankan anti-inflammatory diet untuk mendapatkan tubuh yang proporsional dan sehat. Hindari crash diet (diet menahan lapar) karena merusak kesehatan mental (menimbulkan craving dan memicu Binge Eating Disorder dan berbagai gangguan perilaku makan) memperkecil otot, dan merusak dan memperlambat metabolisme tubuh. Karena melambatnya metabolisme tubuh,  makin lama tubuh makin kesulitan untuk membakar kalori, sehingga mempersulit penurunan lemak tubuh.
  7. Atasi stress karena stress menciptakan racun (radikal bebas). Saat stress, tercipta radikal bebas yang memperlambat metabolism tubuh. Stress kronis adalah penyebab timbunan lemak, penuaan dini, dan berbagai penyakit seperti jantung dan darah tinggi. Lepaskan stress setiap hari dengan melakukan relaksasi, bernafas dalam – dalam, berendam dalam larutan air hangat dan garam mineral, yoga, tai chi atau melakukan hobi yang menenangkan pikiran.
  8. Ubah gaya hidup . Merokok, konsumsi alkohol, pemikiran dan emosi negatif (ruminasi, menyimpan dendam / tidak mau mengampuni, luka-luka batin / luka emosi) , makan berlebihan hanya menambahkan racun (termasuk selulit) dalam tubuh. Buat komitmen untuk mengubah gaya hidup secara bertahap. Sebuah perbaikan kecil yang dilakukan tanpa putus menghasilkan perubahan gaya hidup dalam jangka panjang. Hindari perubahan gaya hidup yang ekstrim, kecuali jika kamu siap / terbiasa untuk perubahan ekstrim.
  9. Pemijatan teratur baik pijat maupun dry brushing menstimulasi sistem limfatik dan meningkatkan sirkulasi aliran darah dalam kulit. Lakukan detoks harian dengan melakukan dry brushing setiap hari (6-7 menit sebelum mandi pagi). Dengan tidak menumpuk racun, lebih kecil kemungkinan tubuh membentuk selulit baru.
  10. Menggunakan body scrub dari kopi atau garam mineral. Butiran kopi atau garam mineral dapat meningkatkan sirkulasi aliran darah dan sistem limfatik sehingga membantu tubuh mengeluarkan kelebihan racun dan cairan dari dalam tubuh. Baca di sini dan buat sendiri Body Scrub dari Garam Himalaya.
  11. Mengkonsumsi Lemon dan cabe (misalnya cabe rawit, cabe merah, cayenne pepper) sebagai detoks harian, meningkatkan metabolism dan melancarkan sirkulasi darah. Awali pagi hari dengan dry brushing , dan minum air hangat lemon setelah mandi. Dengan membersihkan tubuh dari racun secara teratur, maka racun tidak terakumulasi, sehingga pembentukan selulit baru dapat dihindari. Jika diamati, sebagian besar orang yang berdiam di negara tropis menyukai makanann pedas, ini adalah cara alami untuk mengeluarkan racun dari tubuh melalui keringat.
  12. Menggunakan minyak jojoba atau minyak kelapa (extra virgin / cold pressed) sebagai pelembab  karena kedua minyak ini mudah meresap ke dalam jaringan konektif, sehinga efektif melembabkan kulit. Konsumsi 2sdm minyak kelapa mentah dapat mengurangi radang, membantu detoksifikasi tubuh dari racun dan meningkatkan metabolisme tubuh. Minyak kelapa juga baik digunakan untuk menumis sayuran, karena minyak ini memiliki titik uap yang tinggi sehingga kandungan gizinya tidak berubah karena proses pemanasan.
  13. Gunakan garam laut berkualitas / garam mineral karena garam mineral mampu menarik racun dari tubuh. Berendam dalam larutan air hangat dan garam mineral tidak hanya membantu relaksasi melainkan juga melembutkan tubuh.
  14. Cuka apel organik (Organic Apple Cider Vinegar) dapat digunakan untuk melembabkan kulit, dan rambut. Pernahkah mencoba no poo shampooing ? Salah satu resep yang dapat dicoba untuk no poo shampoo adalah baking soda dan cuka apel, dan dapatkan rambut bersih berkilau dan lembut . Cuka apel organik adalah produk fermentasi yang kaya akan bakteri baik dan efektif membasmi bakteri jahat. Untuk membantu mengatasi jerawat, cobalah untuk memanfaatkan uap dari larutan air panas dan cuka apel.
  15. Menggunakan Bentonite Clay sebagai masker wajah untuk menarik racun dan minyak berlebih dari pori – pori kulit. Clay juga dapat digunakan pada area bermasalah untuk mengurangi selulit.

 Pada dasarnya inti dari 15 hal ini adalah mengurangi radang dan membersihkan tubuh dari racun (detoks harian) .Dengan melakukan 15 hal ini , kesehatan tubuh juga lebih optimal. Jadikan kesehatan sebagai tujuan utama, dan kulit bebas selulit adalah bonusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *